Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Harga Fortuner dan Innova Turun

Jakarta – Pemberian diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kapasitas mesin di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc akan berlaku mulai April. Itu artinya, mobil sekelas Innova hingga Fortuner harganya bakal turun. Dengan diskon pajak yang berlaku ini, apakah sekarang waktu yang tepat buat beli mobil?

Menurut perencana keuangan Andy Nugroho, saat ini memang waktu yang tepat untuk beli mobil. Apalagi untuk tipe 1.500 cc ke atas yang akan mendapatkan diskon PPnBM, menurutnya harga mobil sekelas Innova bisa dapat diskon hingga puluhan juta.

Namun yang harus digaris bawahi beli mobil juga harus melihat kebutuhan. Dalam hal ini dia sangat mendukung apabila pembelian mobil di tengah adanya diskon ini digunakan untuk usaha, untuk jadi mobil sewaan misalnya.

“Bisa aja kalau mau beli jadi mobil disewakan, mobil perusahaan, mobil buat usaha lah. Ini ya waktu yang tepat sekali. Bisa dapat diskon puluhan juta kan,” kata Andy kepada detikcom, Selasa (23/3/2021).

Andy mewanti-wanti apabila budget alias biayanya tak cukup jangan memaksa diri untuk membeli mobil 1.500 cc yang kena diskon pajaknya. Ada baiknya dipertimbangkan matang-matang, apalagi kalau tujuannya untuk mengikuti keinginan ganti mobil.

“Kalau buat rekreasional jalan jalan keluarga aja, atau mau keinginan buat ganti mobil aja ya saran saya dipertimbangkan lagi. Apalagi kalau budgetnya memang belum ada,” ujar Andy.

Namun, kalau memang ada biayanya, misalnya memiliki uang yang berlebih tak ada salahnya untuk membeli mobil 1.500 cc yang didiskon pajaknya.

“Kecuali kalau dia ada uang nganggur ya silakan aja. Mungkin kan beberapa orang ada ya yg nggak diterpa isu keuangan, kalau mau ganti mobil baru silakan saja,” kata Andy.

Baca Juga :  Mobil Listrik Tesla Model 3 Jadi Mobil Balap, Kece Juga!

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pihaknya saat ini sedang memfinalisasikan peraturan menteri keuangan (PMK) yang mengatur pemberian diskon PPnBM terhadap kendaraan bermotor berkapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc.

“2500 cc sedang proses finalisasi PMK-nya, yang nanti bisa berlaku mulai April terutama untuk yang di atas 1.500 hingga 2.500 cc akan diumumkan begitu selesai PMK-nya,” kata Sri Mulyani dalam video conference APBN KiTa edisi Maret 2021, Selasa (23/3/2021)

Berdasarkan catatan detikcom, kebijakan itu akan membuat kendaraan bermotor jenis Innova dan Fortuner terkoreksi harganya. Saat ini sedang berlangsung relaksasi PPnBM bertahap, sebesar 0% pada Maret-Mei, lalu PPnBM 50% pada Juni-Agustus, dan terakhir PPnBM 25% di akhir tahun September-November.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *