Apa itu Serangan DDoS

Apa itu Serangan DDoS Cara Kerja Jenis dan Pencegahanya

Apa itu DDoS Attack?

 

DdoS merupakan serangan cyber yang mematok server suatu sistem. Tujuan DDoS attack adalah untuk membuat sistem yang ditargetkan tidak dapat diakses ataupun melayani request.

Server hendak diserang dengan lalu lintas palsu dalam jumlah besar. Traffic yang membludak dan melampaui kapasitas akan membuat server down. Situasi itu dikenal juga dengan“ Data Flooding”.

Serangan ini biasa dipakai untuk menyerang sesuatu web, sistem perusahaan, jaringan, dan bermacam layanan online.

DDoS bukanlah suatu hal baru. Serangan cyber ini telah ada sejak tahun 1974. Serangan ini bahkan terus berkembang metodenya. Korbannya juga semakin banyak.

Bagaimana Cara Kerja DDoS Attack?

 

Secara filosofi, serangan DDoS bekerja cukup simpel. Ide dasarnya merupakan membanjiri server, layanan atau jaringan dengan traffic hingga melebihi kapasitasnya.

Serangan ini dapat berjalan lewat suatu mesin pc.

Perbedaan DoS dan DDoS mengacu pada mesin pc yang beroprasi. Serangan DoS hanya memakai satu mesin, sedangkan DDoS memakai beberapa mesin.

Botnet adalah pc atau jaringan yang diretas, setelah itu dikendalikan secara remote oleh pelaku serangan DDoS.

Botnets inilah mesin yang mengerjakan untuk membanjiri traffic. Tanpa diketahui, bisa jadi pc kepunyaan Kalian berhasil diretas dan dijadikan botnets.

Fitur Internet of Thing( IoT) terus mengalami perkembangan. Hal- hal seperti smart televisi, kamera digital, printer, smartphone, kamera bayi, dan lain- lain, juga bisa dieksploitasi jadi botnet.

Perangkat- perangkat itu umumnya mempunyai sistem keamanan yang lebih rentan dari pc ataupun laptop. Maka dari itu para penjahat dunia maya sering memakainya untuk menghasilkan jaringan botnets yang besar.

Metode melaksanakan serangan ini tidak semata- mata hanya menginginkan botnets, juga embutuhkan DDoS attack tools untuk dapat melancarkan serangan. Sebagian tools yang lumayan terkenal misalnya: LOIC, HOIC, HULK, Slow Loris, XOIC, Tor’ s Hammer, DDOISM, RUDY, dan lain- lain.

Bagaimana Menghindari Serangan DDoS?

 

Serangan DDoS akibatnya lumayan beresiko. Bayangkan saja, web, jaringan ataupun sistem yang Kalian kelola tidak dapat diakses selama beberapa hari. Terdapat berapa banyak kehilangan dan masalah yang akan Kalian rasakan.

Sebelum hal itu terjadi, ada bagusnya Kalian melakukan penangkalan.

Berikut ini adalah beberapa tahap pencegahan yang dapat Kamu jalani.

– Monitoring lalu lintas sistem secara teratur. Yakinkan tidak ada peningkatan traffic yang sangat signifikan dan terkesan mencurigakan. Hal ini dapat mengidentifikasi gejala serangan DDoS lebih dini.

– Tingkatkan kapasitas bandwidth. Jadi ketika terjadi lonjakan traffic yang tiba- tiba, web masih bisa bertahan sampai Kalian mendapati gejalanya. Tata cara ini dimaksudkan untuk memberi tambahan waktu mengatasi serangan DDoS.

– Terapkan sistem keamanan berlapis di server, jaringan maupun aplikasi. Upayakan buat meminimalisir adanya celah keamanan.

– Anda juga dapat memakai sebagian tool untuk menghindari serangan DDoS, seperti Cloudflare, Security Event Manager, Imperva, dan lain- lain.

Bagaimana Ciri- ciri Website yang Terserang DDoS Attack?

Serangan DDoS biasanya dipakai untuk menutup akses dari suatu web. Tujuannya bisa beragam, mulai dari persaingan bisnis, pemerasan, membatasi akses ke suatu konten khusus, masalah ideologis, hingga sebatas main- main.

Sebagai owner website ataupun webmaster, Kalian harus waspada dengan serangan sejenis ini. Banyak penjahat cyber yang tanpa pandang bulu menyerang berbagai jenis web, termasuk yang Kalian kelola.

Maka dari itu, kenali isyarat berikut ini, biar Kalian dapat melakukan penanggulangan.

– Bandwidth website penuh dengan perintah download dan upload. Perubahannya terlalu signifikan.

– Load CPU terdeteksi tinggi. Sementara itu, tidak ada proses yang sedang berjalan.

– Website kecepatannya menyusut. Padahal, trafficnya tidak ada kenaikan.

– Beberapa layanan VPS akan membagikan notifikasi hal aktivitas yang berbahaya.

Jika tanda- tanda itu telah terjadi, segera lakukan penanggulangan. Langkah- langkah pencegahan bisa segera Kalian terapkan.

 

Penutup

 

Serangan DDoS merupakan serbuan cyber yang lumayan simpel tetapi dapat berakibat cukup bahaya. Tetap waspada, jalani pencegahan sebelum Kalian jadi korban.

Ulasan hal DDoS ini mudah- mudahan bisa jadi data berguna. Kenali cara kerja dan indikasinya supaya Kalian bisa segera melakukan tindakan dengan tepat. Mudah- mudahan Bermanfaat