cara membersihkan laptop agar tidak lemot

Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot Saat Digunakan

Bersih-bersih laptop bukan hanya soal debu dan kotoran saja, tapi cara membersihkan laptop agar tidak lemot juga harus dilakukan. Terlebih lagi berhubungan dengan file didalam memory di mana bila sudah terlalu banyak atau tertumpuk bisa menghambat kinerja perangkat Anda. Dipakai pasti tidak nyaman cenderung menyulitkan.

File dalam memory sendiri bukan berarti hanya berupa hasil download seperti gambar, video atau musik saja. Hal ini bisa berupa file sampah yang kita dapatkan waktu melakukan beberapa aktifitas Windows misalnya browsing dan sebagainya. Mengatasinya cukup mudah yakni dengan hapus cache beserta virus pada perangkat.

Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot Pada Cache

Menghapus cache pada laptop atau PC sebenarnya cukup mudah yaitu bisa lewat Windows+Run atau Disk Clean Up. Jika menggunakan Windows+Run, maka tinggal klik bersamaan dan ketik %temp%. Inilah kode yang bakal kita pakai dalam pembersihkan file sementara, di mana memang sudah tidak ada gunanya lagi.

Jika sudah mengetik kode tersebut, maka klik saja ENTER dan nanti bakalan muncul semua cache pada perangkat Anda. Bila ingin lebih cepat menghapus, tinggal klik Ctrl+A dan hapus semua file sementara. Sementara itu kalau yang mau dihapus file di Windows Run, Anda harus mengetik prefetch.

Sementara itu cara membersihkan laptop agar tidak lemot lewat Disk Clean Up sebenarnya kurang lebih sama tapi lebih baik karena file berukuran sangat besar bisa dihilangkan disini. Anda juga bisa memilih sendiri pada drive mana akan menghapus file atau folder, jadi bisa lebih menghemat langkah.

Anda nantinya tinggal masuk pada drive yang diinginkan dan klik kanan untuk mengakses properties sehingga Disk Clean Up muncul. Selanjutnya tinggal Delete Files buat pembersihan semua file sementara atau temporary file. Selain pembersihan cache lewat program bawaan, sebenarnya masih bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Salah satu aplikasi bawaan buat membersihkan cache agar komputer tidak lemot yaitu CCleanser di mana segala macam trash file bisa dibersihkan disini. Anda bisa mendownload terlebih dahulu lalu install dan gunakan fitur Anallyze dalam mencari file sampah. Selanjutnya tinggal gunakan tombol Runs Cleanser dalam pembersihan.

Deteksi dan Hapus Virus Penghambat Kerja Komputer

Untuk jenis atau tipe virus yang harus dihapus disini bisa berupa shortcut virus dan malware. Untuk shortcut sendiri umumnya muncul sendiri tanpa kita perlukan karena asalnya memang dari virus. Sebenarnya kalau melihat risiko, tidak berbahaya bagi perangkat atau operating system kita tapi tetap harus dihilangkan.

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot dengan menghilangkan shortcut virus dapat dimulai dengan cara dideteksi dulu pakai program antivirus. Kalau kurang efektif, bisa cari sendiri secara manual. Untuk shortcut yang perlu dicari dan hapus umumnya dilengkapi dengan ekstensi aneh atau tidak seperti biasanya.

Sementara itu untuk malware sendiri sebenarnya tidak tergolong virus komputer pada umumnya. Di mana kegunaan atau kerjanya bakal menyerang data sehingga terjadi corrupt sehingga sering dipakai dalam kejahatan. Hacker mampu mencuri data milik orang lain dengan mudah, tapi dapat diatasi bila rutin menghapus file sementara.

Penghapusan tersebut lebih ampuh bila memakai jasa antivirus dan kemudian menjalankan sistem atau program safe mode. Nantinya semua malware pada laptop Anda bakal terdeteksi dan mudah dihapus. Perlu diingat kalau mau download sesuatu, jangan sampai tertipu karena malware mudah merajalela.

Selain menghilangkan file kurang penting beserta virus, kebersihan bagian luar juga harus kita perhatikan. Terutama pada keyboard dan layar sehingga saat digunakan kelihatan lebih enak dipandang. Jadi, bila visual luarnya cantik ditambah cara membersihkan laptop agar tidak lemot pada bagian dalam membuat perangkat bisa lebih tahan lama.