Mengatasi Komputer Lemot Windows 7

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Keluaran Lama

Langkah atau cara mengatasi komputer lemot windows 7 masih banyak dicari meski sudah muncul sistem operasi terbaru. Hal ini tidak mengherankan karena Windows 7 terkenal sebagai produk terbaik bahkan melebihi keluaran terbaru seperti Windows 8. Maka dari itu banyak yang masih pakai sistem operasi lama.

Performanya memang sudah sangat maksimal sehingga waktu kita gunakan benar-benar nyaman dan cepat. Tapi ternyata masih dapat dipercepat lagi apabila penggunaan Anda cukup besar dalam memakan memory atau data. Ada beberapa pengaturan yang dapat di setting terlebih dahulu sekaligus memperhatikan RAM serta hardisk pada PC.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Pada Pengaturan

Tips pertama yakni langsung uninstall bloatware pada perangkat Anda, di mana ini berupa semua software bawaan saat baru beli. Umumnya sama sekali tidak kita gunakan terutama bila memiliki fungsi atau fitur kurang menarik. Harus segera dihapus supaya memori lebih luas dan tidak berjalan pada background.

Membatasi startup process supaya tidak berlebihan juga dapat membuat PC lebih cepat, di mana langsung saja dikunjungi pada bagian pencarian dengan klik MSCONFIG. Selanjutnya bakal muncul berbagai macam aplikasi atau software terpasang pada perangkat Anda. Disana bisa ceklis pada aplikasi atau software kurang penting saja.

Cara mengatasi komputer lemot windows 7 lainnya yaitu perhatikan Search indexing pada PC. Sebenarnya fitur ini sangat berguna karena bisa membantu kita untuk proses mencari file atau folder yang diinginkan. Tapi kalau terlalu banyak, maka resource pasti terus bertambah sehingga harus dihapus secara lebih rutin.

Perlu diingat kalau sistem operasi Windows 7 itu dilengkapi juga dengan Power Settings di mana harus Anda ubah supaya mempercepat kinerja mesin. Pada power setting kita dapat menemukan salah satu fitur terbaik yakni High Performance. Inilah fitur paling utama dan wajib dipakai supaya kinerjanya cepat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Komputer Lemot Semua Jenis Windows

Setelah menghidupkan efek High Performance, jangan lupa untuk mematikan fitur aero effect pada perangkat. Sebenarnya masih jadi fitur yang sangat penting terutama kalau berurusan sama efek visual pada layar. Tapi ternyata membutuhkan memori cukup besar sehingga kalau memang tidak diperlukan, harus dimatikan pada menu Properties.

Perhatikan Daya Tahan RAM dan Hardisk

Jika melihat karakteristik RAM dari Windows 7, sebenarnya lebih baik dari penerusnya yakni Windows 8. Tapi tetap saja lebih disarankan buat Anda agar menambah RAM terutama bila memakai versi lebih besar seperti 64 bit di mana paling tidak harus dilengkapi RAM 4 GB bahkan lebih.

Akan lebih baik jika cara mengatasi komputer lemot windows 7 tersebut ditambah dengan melaksanakan hardisk defragment pada perangkat. Sebenarnya selalu terdapat notifikasi untuk defragment pada hardisk tapi sudah dimatikan demi kenyamanan pengguna. Maka dari itu hal tersebut sering ditinggalkan dan membuat kerja sistem terus melambat.

Setelah berhasil defragment pada hardisk, kini saatnya bersihkan isi hardisk dalam rangka memperluas memori. Anda dapat langsung menuju tombol Start dan mencari fitur Disk Clean Up. Fitur atau menu tersebut ampuh membersihkan sekaligus meningkatkan jumlah memori kosong.

Terakhir, wajib buat pengguna sistem operasi tersebut untuk rajin saat mengecek bila terdapat virus pada perangkatnya. Terlebih lagi virus jenis dan cara masuknya ada banyak, bisa berupa malware, spyware dan masih banyak lagi lainnya. Selain membuat kinerja dan kecepatan semakin melambat, lama kelamaan bisa rusak.

Karena punya kelebihan dari segi performa, cukup disarankan bila memang masih nyaman memakai sistem operasi lama. Apalagi tampilannya masih modern atau keren sehingga tidak ketinggalan zaman. Disarankan selalu memakai cara mengatasi komputer lemot windows 7 meski perangkat milik pribadi dilengkapi memory besar agar makin cepat.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Pada Komputer