cara update windows 10

Cara Update Windows 10 Paling Aman Dijamin Berhasil

Meski sudah dirilis tahun 2015 yang lalu, cara update windows 10 masih cukup sulit terutama untuk orang awam. Hasilnya mereka kesulitan melakukan install sendiri sehingga kadang mengalami error atau bahkan harus meminta bantuan pada tukang servis. Pasti bakal mengeluarkan biaya sehingga tidak bagus buat finansial.

Sebenarnya melakukan update secara mandiri sudah lebih dipermudah oleh Microsoft selaku pemilik sistem operasi tersebut. Terlebih lagi sekarang dilengkapi dengan sistem interface paling mutakhir buat para pengguna. Supaya proses update Windows 10 lebih mudah, Anda dapat memilih sendiri pakai sistem otomatis atau manual sesuai kemampuan.

Cara Update Windows 10 Secara Otomatis

Untuk update secara otomatis, bisa langsung menuju pada menu Start pada bagian pojok layar. Selanjutnya cari pada kolom pencarian mengenai Check for Updates. Umumnya kalau ada langsung unduh terlebih bila sudah masuk waktunya. Tapi kalau tidak ada, biarkan dulu sampai ada notifikasi pembaharuan sistem komputer.

Jika memang terdapat sistem operasi terbaru, maka download saja dan tunggu sampai selesai. Memang kemungkinan membutuhkan waktu cukup lama terutama bila laptop atau komputer sedang dalam keadaan lemot. Tapi tunggu saja karena pasti bakal berhasil, bila sudah diperoleh maka restart supaya sistem operasi dapat berjalan.

Meski mudah dan membantu, cara update windows 10 otomatis ini dianggap tidak berguna bagi beberapa user. Terutama karena fitur otomatis ini sering menganggu dan terus menerus keluar notif saat digunakan. Mengatasi hal tersebut Microsoft membuat AI mampu memberi tahu update dalam jangka waktu tertentu saja.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira terutama bila sedang memiliki banyak tugas atau pekerjaan. Jadinya bisa ditunda melakukan upgrade operating system pada saat yang lebih lowong. Mungkin saat bersantai dan tidak sedang mengerjakan apapun bisa jadi pilihan waktu terbaik karena seringkali membutuhkan waktu cukup lama.

Sementara itu kalau mau mengupdate tapi ternyata tidak dapat dijalankan, perlu diketahui kalau terdapat masalah pada bagian Power Saving. Dalam mengatasi hal tersebut cukup masuk dalam fitur power setting dan mematikannya saja. Terlebih kegunaan fitur tersebut memang sebagai penghemat daya sehingga Windows Update menjadi mati.

Upgrade Windows 10 Secara Manual

Bila Anda lebih nyaman melakukan secara manual, maka bisa langsung menuju pada Windows 10 Update History. Di mana ini menjadi langkah awal dalam memilih mana versi Windows yang diinginkan. Jadi, tidak hanya terdapat keluaran terbaru saja sebenarnya Anda masih bisa memilih versi keluaran lama.

Nantinya akan kelihatan pada kolom bagian kiri mengenai In This Release yang dapat dipilih kodenya. Selanjutnya copy code tersebut dan lanjutnya cara update windows 10 lainnya yakni menuju ke Microsoft Update Catalog. Pada tujuan inilah kita bakal paste-kan hasil code sebelumnya dalam kolom search.

Disini masih perlu memilih banyak hal mulai dari jenis arsitektur PC sampai detail produk seperti apa yang diinginkan. Kalau sudah dipilih selanjutnya bakal muncul link update dan tinggal download saja sampai berakhir. Jika proses download berakhir, tinggal install kemudian PC bakal restart sehingga siap digunakan.

Perlu diketahui kalau disini bakal terdapat pilihan 32 bit dan 64 bit tapi dalam istilah berbeda. Bila memilih 32 bit, maka istilahnya berupa x64, lalu pemilihan 64 bit harus klik produk x86. Jadi, jangan sampai salah antara keduanya.

Memang terdapat beberapa istilah atau langkah cukup rumit terutama bila pakai jalan manual. Tapi lebih disarankan terutama kalau Anda adalah pelajar yang memilih jurusan berhubungan dengan komputer, pasti pengalaman dan pengetahuan bertambah. Terlebih cara update windows 10 membuat kita lebih tahu tentang setting pada komputer.