Cara mempercepat kinerja Windows 10

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Pada Komputer

Cara mempercepat kinerja Windows 10 terus coba dicari olah banyak orang saat ini, terutama karena penggunanya memang paling banyak. Produk sistem operasi keluaran Microsoft tersebut dikeluarkan pada tahun 2015 dan sampai saat ini dianggap sebagai yang terbaik. Mulai dari fitur sampai tampilan jauh lebih maju.

Walau sistem operasinya sangat maksimal bekerja, bukan berarti tidak membuat komputer dengan RAM kecil bisa tetap cepat. Bahkan bila penggunaan masih berlebihan pada PC spek rendah, pasti menyiksa penggunanya. Maka dari itu RAM tidak boleh dibebani ditambah harus rajin reset file serta aplikasi kurang penting.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Reset File dan Aplikasi

Kalau Anda punya kebiasaan membiarkan program komputer tetap berjalan berjam-jam bahkan berhari-hari, mungkin harus berhenti karena dapat memperlambat kinerja. Untuk mengatasinya tinggal reset komputer dengan cara dimatikan dan close semua programnya. Bila dibiarkan, data akan terus terkumpul sehingga mengganggu CPU dan kemudian PC semakin lemot.

Lebih baik mematikan setelah digunakan karena perangkat pasti butuh istirahat. Selain reset komputer, membuat kinerja lebih cepat bisa dilakukan dengan rajin update sistem operasi terbaru. Saat ini masih ada Windows 10 dan harus di download karena membuat kinerja lebih efisien dengan berbagai fitur terbaru didalamnya.

Cara mempercepat kinerja Windows 10 lainnya yaitu cek aplikasi waktu booting karena semakin banyak program dimainkan makin berat komputer kita. Jadi, lebih baik memilih langsung mana saja program yang masih dapat berjalan waktu booting berlangsung. Langkahnya mudah, yaitu masuk Task Manager dan atur menu startup.

Selain reset perangkat, kita juga perlu reset file dengan cara menjalankan disk clean up komputer. Saat kita memakai PC, terdapat temporary file atau halaman website pada browser yang belum kita close. Harus segera dihapus dengan cara masuk pada Start dan cari fitur Disk Clean Up.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Komputer Lemot Semua Jenis Windows

Biar lebih enteng, bersihkan software kurang penting juga bisa sekalian Anda bersihkan. Apalagi software seringkali memakai memori besar pada hardisk sehingga memenuhi ruang terlalu banyak dan berdampak pada PC kita yang lebih lambat dari biasanya. Mengatasinya dapat masuk pada Control Panel dan Uninstall a Program.

Kurangi Efek Khusus agar Tidak Membebani RAM

Bila sudah mampu reset file dan aplikasi, bukan berarti Anda bisa menambahkan hal kurang dibutuhkan lainnya seperti spesial effect. Sangat disarankan buat pengguna agar jangan menggunakan efek spesial di mana membuat kinerja CPU dan VGA lebih berat sehingga hasilnya lemot.

Biar tidak terlalu menjadi beban dalam cara mempercepat kinerja Windows 10, mungkin menambah RAM adalah jalan keluar terbaik. Terutama bisa disesuaikan sama kebutuhan baik pekerjaan, sekolah atau hanya buat nonton film. Jika untuk pekerjaan, disarankan memakai RAM berukuran lebih besar dibanding hanya dipakai kegiatan biasa.

Selain RAM, perhatikan juga bagian hardisk di mana sama saja membutuhkan ruang lebih biar tidak lambat. Disini Anda akan disarankan pakai SSD dibanding HDD karena terbukti jauh lebih maksimal. Mungkin harganya lebih mahal, tapi kualitas dan kecepatan dapat menutupi biaya pembeliannya.

Langkah terakhir supaya kerja operating system lebih cepat yaitu selalu cek virus dan perawatan perangkat lainnya. Segala macam bentuk virus baik malware atau spyware memiliki risiko buruk bila dibiarkan. Selain itu tidak nyaman dan pasti ada kemungkinan mengalami kerusakan.

Mungkin bila sedang memiliki banyak pekerjaan, secara tidak langsung kita akan memakai banyak program software atau efek cantik sekaligus. Walau bagus buat produktifitas kerja dan tampilan tapi harus melihat kemampuan PC milik sendiri. Jadi, cara mempercepat kinerja Windows 10 lebih efektif bila mampu mengenali computer dengan benar.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer Pada Windows 7