cara mengatasi komputer lemot

Cara Mengatasi Komputer Lemot Semua Jenis Windows

Tutorial mengenai bagaimana cara mengatasi komputer lemot mungkin harus diketahui oleh semua pengguna karena mempengaruhi terhadap kinerja dan produktivitas. Terutama bila sehari-hari bekerja memakainya pasti akan terhambat bila terlalu lambat. Bahkan kemungkinan ditambah lagi dengan mati atau semua sistem atau program yang berjalan tiba-tiba terhenti.

Kalau berhubungan dengan pekerjaan plus deadline, pasti bakal terganggu dan bisa saja tidak selesai saat jangka waktu berakhir. Kemungkinan klien atau pemberi kerja tidak percaya lagi dengan kita karena menyelesaikan pekerjaan tidak tepat waktu. Maka dari itu PC harus dipercepat karena caranya mudah dan gratis.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Lewat Uninstall dan Hapus Program

Langkah pertama membuat PC lebih cepat yaitu terlebih dahulu software resource besar karena pasti terlalu berlebihan. Besar kemungkinan kalau memang ada penggunaan memori berlebih pada disk sehingga CPU bekerja tidak maksimal. Anda dapat langsung menuju pada Task Manager dan klik End Task, pasti normal kembali.

Selain itu bila terlalu lambat, kemungkinan telah membuka terlalu banyak program. Jadi, mengatasinya pasti harus menutup program terutama pada Tray System, di mana isinya berupa berbagai notifikasi yang kita peroleh dari sistem. Menghilangkannya cukup klik kanan dan pilih aplikasi kemudian tinggal kosongkan saja source disana.

Cara mengatasi komputer lemot paling efektif sebenarnya dengan uninstall aplikasi, terutama bila tidak dipakai rutin atau hanya tambahan saja. Kadang meski tidak kita buka, berbagai software dapat berjalan pada latar belakang. Maka dari itu tetap membebani komputer sehingga terasa berat meski memakai sedikit program.

Selanjutnya startup aplikasi juga wajib dilakukan terutama membuat login tidak lama dan hemat memori. Hal ini bukan hanya membuat memori jadi lebih hemat saja, tapi kinerja CPU bakal lebih cepat dari sebelumnya. Startup aplikasi dapat langsung menuju pada task manager, di mana fungsinya luar biasa.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Terbaru 2021

Mengecek dan hapus ruang disk bisa menjadi langkah lanjutan membuat PC lebih cepat, di mana kalau memang sudah penuh tidak mungkin bekerja normal. Anda harus senantiasa mampu memberi kelebihan ruang buat hard drive, cukup dengan menghapusnya. Kunjungi saja Disk Cleanup pada Windows, pasti langsung bersih.

Kurangi Efek Animasi dan Rajin Membersihkan Browser

Dalam sistem operasi Windows memang selalu mengeluarkan animasi dalam fitur atau tampilannya. Tapi jika menginginkan kinerja perangkat lebih efektif, usahakan jangan pakai animasi karena dianggap membebani RAM. Membuat efek animasi menghilang, bisa masuk pada Setting batalkan tanda cek pada menu atau kolom yang mengizinkan animasi.

Cara mengatasi komputer lemot selanjutnya yaitu sering membersihkan browser karena saat digunakan selalu menghasilkan ekstensi berisi file sampah yang membuat ruang pada memori semakin berkurang. Terlebih sering terdapat iklan dan notifikasi sampai autoplay sehingga menyulitkan kita sebagai penggunanya. Semuanya harus dihapus agar memori lebih luas.

Setelah menghapus semua file sampah dari browser, selanjutnya wajib scan virus terutama menghindari malware dan adware. Terlebih lagi jika saat menggunakan PC suka muncul notif atau pop-up, inilah pertanda ada virus berbahaya. Mendeteksi dan menghapus semua virus bisa dilakukan memakai program bawaan atau hasil download.

Sebenarnya langkah terbaik menghilangkan loading lambat pada PC pasti dengan langsung reset Windows. Terlebih lagi karena kita akan memulai kembali Operating System sedari awal sehingga semua program tertutup. Bila ingin benar-benar lebih terjamin keberhasilannya, langkah terakhir yaitu dengan install ulang Operating System.

Membuat PC Anda lebih cepat dan efisien saat digunakan dalam rangka bekerja memang cukup mudah. Intinya adalah tidak boleh memaksa kinerja terlebih lagi tidak memiliki memory atau spek tinggi sehingga malahan rusak atau mati tiba-tiba. Jadi, cara mengatasi komputer lemot bisa dipakai mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Pada Komputer