mengatasi komputer lemot

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Terbaru 2021

PC bekerja lambat memang menjadi kesulitan tersendiri bagi kita sebagai pengguna, maka dari itu cara mengatasi komputer lemot Windows 10 wajib segera dipakai demi kenyamanan. Terlebih lagi jika sedang memiliki banyak pekerjaan, pasti bakal terasa emosi dan kesal sehingga membuat nilai produktifitas cenderung semakin menurun.

Sebenarnya tidak berpengaruh apakah PC yang dipakai itu memang memiliki memory besar atau tidak karena bila penggunaan tidak maksimal bakal lambat. Terlebih lagi berlebihan dalam penggunaan aplikasi atau software. Maka dari itu harus segera setting pada program dan beberapa driver sekaligus menghapus data tidak penting.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Pada Pengaturan

Langkah pertama pastinya langsung menuju pada menu power setting di mana berpengaruh terhadap seperti apa kecepatan perangkat yang diinginkan. Disini terdapat beberapa opsi antara lain Balanced sampai Saving Power untuk menghemat penggunaan daya. Tapi urusan mempercepat mesin dan sistem, harus setting pada opsi High Performance.

Apalagi PC zaman sekarang pasti selalu ada program otomatis tetap berjalan meski sebenarnya tidak kita buka. Caranya sangat mudah yakni tinggal menuju pengaturan pada Task Manager dan cari fitur startup. Fitur ini berguna mencari program yang sedang berjalan, kalau menemukan yang tidak diinginkan langsung disable.

Saat disable startup, cara mengatasi komputer lemot Windows 10 lanjutan bisa sekalian mematikan fitur windows tips and tricks. Sebenarnya merupakan fitur baik di mana terdapat berbagai notifikasi tentang tips dan trik para pengguna Windows. Tapi memang tidak perlu, jadi bisa dimatikan saja pada menu Setting.

Selain mematikan notifikasi, matikan OneDrive dan searching index bisa menjadi pilihan selanjutnya. OneDrive sendiri bakal muncul kalau Anda memang memakai sistem tersebut pada PC. Nantinya dapat memilih sendiri apakah hanya pause dalam jangka waktu tertentu saja atau mematikan secara total sehingga tidak dapat beroperasi lagi.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Komputer Lemot Semua Jenis Windows

Hal ini kurang lebih sama dalam mematikan Searching Index di mana berguna supaya proses pencarian apapun terasa lebih ringan. Mengatasinya juga mudah yakni tinggal klik saja menu Start dan cari fitur Services. Selanjutnya cari lagi fitur Windows Search dan klik saja beberapa kali lalu restart.

Hapus dan Bersihkan Data Tidak Penting

Kalau sudah berhasil setting segala macam menu atau fitur tidak perlu, kini saatnya membersihkan data. Terutama berbagai data lama atau kurang berguna sehingga tidak perlu lagi disimpan karena memakan tempat. Usahakan memakai fitur Storage Sense di mana semua file langsung dihapus bahkan dari Recycle Bin.

Selain membersihkan data dan file, cara mengatasi komputer lemot Windows 10 juga harus menghapus registry. Umumnya hal ini termasuk sering muncul dalam notifikasi sehingga cukup mengganggu kita. Dalam penghapusan registry tersebut bakal lebih maksimal apabila menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yaitu Auslogic Registry Cleaner.

Bila sudah menghapus banyak hal tapi merasa ingin lebih cepat, maka ada langkah lain yang dapat diambil yakni dengan tidak menggunakan efek apapun pada Windows. Memang berbagai animasi tersebut bukan berasal dari kita melainkan bawaan dari hasil install sehingga masih dapat kita hapus atau urungkan.

Disarankan juga saat mendeteksi atau mencari tahu kesalahan dan error harus selalu memakai fitur troubleshooter. Terlebih kita bakal lebih mampu maintenance pada PC milik sendiri. Kalau semua langkah dan cara tersebut sudah dilakukan, maka restart dan bisa dinikmati kelancarannya.

Meski termasuk sistem operasi baru, bukan berarti bisa kita eksploitasi secara berlebihan dalam penggunaan memory terlebih lagi berhubungan dengan banyaknya program yang dipakai. Tidak boleh memaksa kerja PC kalau mau bertahan lama. Supaya cara mengatasi komputer lemot Windows 10 lebih berhasil, usahakan langsung servis saja.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Komputer Lemot Semua Jenis Windows