Elektroskop Fungsi dan Cara Kerjanya

Elektroskop – Yuk simak, buat kalian pada pertemuan kali ini mimin akan memberikan uraian mengenai Elektroskop Fungsi dan Cara Kerjanya. Elektroskop secara sederhana di artikan sebagai alat yang di gunakan untuk mengetahui suatu benda tersebut bermuatan listrik atau tidak.

Pengertian elektroskop secara luas adalah alat yang di gunakan untuk mengetahui muatan listrik suatu benda, elektroskop juga bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda.

Elektroskop bekerja dengan prinsip induksi magnetik, yaitu dengan pemisahan muatan listrik, karena pemisahan muatan listrik ini akan memberikan pengaruh terhadap benda lain yang berada didekatnya. Benda netral akan mengalami pemisahan muatan bila didekati benda bermuatan listrik.

Bagian Elektroskop terdiri dari bagian dalam dan bagian luar, pada bagian dalam ada dua buah batang atau keping yang bisa bergerak bebas dan biasanya terbuat dari emas atau foil yang disebut juga dengan daun Elektroskop. Pada bagian luar, ada sebuah bola konduktor yang dipisahkan dengan lainnya oleh bahan isolator.

Fungsi Elektroskop

Fungsi elektroskop ada dua sebagaimana mengutip buku Persiapan Ujian Nasional Oleh PT Grafindo Media Pratama

  1. Untuk mengetahui ada tidaknya muatan listrik pada sebuah benda. Daun elektroskop akan terbuka bila disentuh pada benda bermuatan listrik.
  2. Untuk mengetahui jenis muatan listrik. Daun elektroskop akan terbuka jika disentuhkan benda bermuatan sejenis dan tertutup bila disentuh dengan benda bermuatan tidak sejenis.

Cara Kerja Dari Elektroskop

Cara kerja elekstroskop adalah benda yang semula tidak bermuatan listrik dapat bermuatan lsitrik ketika ada perlakuan fisika, salah satu perlakuan fisika adalah penggosokan. Benda yang digosokan pada penggosok akan mengalami dua kemungkinan, elektron berpindah dari penggosok ke benda yang digosokan dan elektron berpindah benda yang digosokan ke penggosok. Untuk membuktikan hasil perlakuan fisika ini membutuhkan alat pendeteksi yaitu Elektroskop.

Cara kerja elektroskop yaitu: benda yang akan diperiksa keberadaan muatan listrik didekatkan ke kepala elektroskop yang tidak bermuatan listrik pada benda berpindah-pindah ke kepala elektroskop. Muatan listrik dialirkan ke setiap daun elektroskop melalui batang, aliran ini mengakibatkan terjadinya akumulasi muatan listrik sejenis pada setiap daun elektroskop. Selanjutnya akan terjadi tolak-menolak diantara daun elektroskop yang di tandai dengan mengembangnya daun elektroskop.

Misalnya sebuah benda bermuatan listrik positif didekatkan pada kepala elektroskop, maka muatan negatif di bawah foil akan naik menuju ke kepala elektroskop karena di tarik oleh muatan positif dari benda bermuatan tersebut. Karena muatan-muatan negatif naik ke kepala elektroskop maka foil akan bermuatan positif. Kaki kiri dan kanan foil bermuatan positif , sehingga terjadi gaya tolak antara kaki-kaki tersebut dan akibatnya foil akan mekar.

Sebaliknya juga dengan benda bermuatan negatif didekatkan ke kepala elektroskop maka muatan di bagian kepala akan turun menuju kaki foil karena ditolak oleh muatan negatif dari benda bermuatan tersebut. Karena muatan-muatan negatif kaki kiri dan kanan foil bermuatan negatif, sehingga terjadi gaya tolak menolak antara kaki tersebut dan mengakibatkan kaki foil akan mekar.

Penjelasan tersebut dikutip dari buku Fisika 3 SMP Kelas IX oleh Prof Dr Mundilarto, MPd dan Drs Edi Istiyono, MSi.

Demikian uraian secara lengkap mengenai Elektroskop Fungsi dan Cara Kerjanya, semoga membantu dan mudah di pahami ya buat kalian para pencari ilmu. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Elektroskop Fungsi dan Cara Kerjanya yang dipublish pada 3 December 2022 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment