Cara Mengatasi Komputer CPU

Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Waktu menghidupkan PC seringkali terdapat error seperti layar tidak menyala, berarti saatnya cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar harus digunakan segera. Umumnya hal ini disebabkan karena layar LCD memang memiliki masalah sehingga harus diperbaiki atau bahkan diganti demi kenyamanan penggunanya tersebut.

Selain itu kesalahan pada sistem atau software ternyata bisa berpengaruh terhadap nyalanya CPU tapi layar tidak mau hidup. Bisa saja sebelumnya driver memang tidak terbaca atau bermasalah sebelum digunakan. Mengatasinya tentu saja dengan cara memeriksa beberapa bagian hardware beserta berbagai sistem penunjang seperti software tambahan.

Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar Pada Hardware

Pertama Anda perlu melihat kabel VGA terlebih dahulu, di mana kalau kelupaan disambungkan pasti tidak bisa terdeteksi. Sementara itu kalau sudah disambungkan tapi masih tidak mau menyambung, maka kemungkinan kerusakan terdapat pada konektor dan kabel. Terutama kabel bisa saja terputus atau mungkin mengalami korsleting listrik.

Begitu juga pada bagian konektor yang sangat sering mengalami kerusakan terutama bila tidak hati-hati saat melepasnya. Bisa juga disebabkan terkena air sehingga saat dialiri listrik pasti error. Disini Anda bisa melakukan pergantian VGA Card juga terlebih bila sudah mendengar beep bios pertanda kerusakan bagian tersebut.

Cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar dengan jalan membeli kartu VGA tentu menjadi langkah lain bila kabel dan konektor aman. Terutama karena sesudah terdapat bunyi beep Bios pasti harus segera diganti. Usahakan ganti sama VGA Card kualitas terbaik supaya lebih awet.

Bila VGA Card baik-baik saja, coba dulu pada PC lain dan lihat apakah terdapat kerusakan atau error. Kalau masih dapat dipakai, berarti kerusakan terdapat pada layar sehingga harus ganti monitor. Pastinya membuat kita tidak dapat berbuat banyak, terutama bila rusak satu-satunya jalan harus membeli baru.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Termudah

Selain cek hardware, tentu Anda harus cari kesalahan pada program yang cukup bermasalah apalagi kalau ditambah dengan driver display rusak. Hal ini dapat diatasi dengan mengunjungi Task Manager kemudian klik New atau lebih cepat klik Ctrl+N. Selanjutnya tinggal ketik “msconfig” dan otomatis terselesaikan.

Manfaatkan Safe Mode dan System Resource

Penggunaan safe mode yang dimaksud disini membuat semua driver menjadi loading. Tapi printer nantinya dapat tetap terdeteksi apakah terdapat problem atau tidak. Menggunakan cara ini bisa langsung klik F8 setelah CPU menyala dan Boot Options keluar. Nantinya bakal terdapat opsi safe mode lalu tunggu berhasil.

Bila belum berhasil, maka lakukanlah cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar lewat install driver display. Fungsinya memang sebagai penghubung antara CPU dengan kartu VGA sehingga bila terjadi kesalahan, monitor bisa blank. Untuk caranya kurang lebih sama dengan masuk pada safe mode.

Kalau masih tidak mampu menampilkan gambar, kali ini giliran Anda untuk mencoba memanfaatkan system resource. Seperti kita ketahui kalau fitur tersebut masih termasuk bawaan dari Windows sehingga bisa dipakai kalau mau restorasi beberapa hal penting. Misalnya tentang sistem supaya monitor menyala dan mengembalikan file-file lengkap.

Terakhir, Anda dapat mencoba fungsi command prompt di mana ampuh dalam memulihkan operating system. Disini bisa langsung menuju pada safe mode dan kunjungi Task Manager. Selanjutnya klik New dan ketikan cmd serta Enter, lalu lanjutkan perintah selanjutnya.

Secara garis besar memang cukup mudah mengatasi error semacam ini. Tapi kalau Anda tidak mengerti atau masih sangat awam, bisa minta bantuan teman atau tukang servis agar benar-benar berjalan lagi. Apalagi dalam cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar memiliki istilah rumit.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Termudah