Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Caranya

Wartakota123.com – Sebelum melamar pekerjaan, kita harus menyiapkan data dan berkas apa saja yang akan anda kirim. Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja dari orang lain sebelum mengirimnya. Berikut Contoh Lamaran Kerja dan cara menulis dengan benar.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar

Cantumkan nama perusahaan atau instansi yang anda targetkan.

Pencantuman nama perusahaan atau instansi tujuan penting karena menunjukkan bahwa kita tidak sembarangan dalam membuat surat lamaran. Biasanya, secara tertulis, nama perusahaan atau instansi ditempatkan di bagian atas surat lamaran kerja.

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Buatlah surat lamaran kerja dengan bahasa yang lebih formal, baik dan benar. Jangan pernah menggunakan jargon atau kata-kata singkatan.

Bersih dan rapi

Perusahaan akan lebih memilih surat lamaran yang rapi dan bersih. Apalagi jika surat lamaran kerja anda tulis dengan tangan menggunakan pulpen. Dengan begitu, perusahaan atau instansi akan lebih mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisannya.

Usahakan agar tidak ada coretan atau kotoran dalam penulisan surat lamaran Anda. Buatlah tulisan yang benar dan bersih, juga sisakan sedikit ruang atau jarak ke kiri dan kanan agar tulisan terlihat lebih rapi.

Struktur tulisan yang baik

Struktur surat lamaran kerja yang baik adalah awali dengan kata pembuka. Kemudian, tuliskan secara singkat detail pribadi Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa keterampilan dan kemampuan yang harus Anda perhatikan dan meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang layak untuk diterima.

Sertakan juga posisi atau bagian yang Anda inginkan. Karena umumnya perusahaan atau instansi membutuhkan tambahan tenaga kerja pada bagian tersebut.

Memenuhi persyaratan dari kriteria oleh perusahaan.

Jangan lupa untuk melengkapi berkas atau dokumen yang diminta oleh perusahaan atau instansi tempat Anda melamar pekerjaan. Berkas yang umumnya diminta antara lain, curriculum vitae (CV), fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi catatan akademik, fotokopi NPWP, fotokopi SKCK, fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), bukti pekerjaan. kartu pendaftaran pemohon. (kartu kuning)), sertifikat konsesi dan sertifikat pengalaman kerja (pakelaring), jika ada.

Jika perusahaan atau instansi meminta pelamar kerja untuk membuat surat lamaran kerja yang dikirim melalui email atau online, maka berkas atau dokumen asli harus dipindai untuk dilampirkan nanti saat mengirimkan surat lamaran kerja.

Contoh Struktur Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kita perlu memperhatikan penempatan surat tersebut agar nantinya mendapat respon positif dari perusahaan atau instansi tersebut. Struktur atau format penulisan surat lamaran kerja meliputi:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Perusahaan atau instansi tujuan
  • Salam Hormat
  • Kalimat pengantar
  • Data pribadi
  • Harapan dan tujuan
  • Penutup

Dari struktur tersebut saatnya anda lihat contoh surat lamaran kerja ada bagian bawah postingan ini.

Setelah melamar pekerjaan, jangan lupa juga untuk membuat resume (CV) untuk memenuhi persyaratan melamar pekerjaan.

Download Contoh Surat Lamaran Kerja

Download contoh surat lamaran kerja ini sebagai referensi sebelum menulis lamaran pekerjaan. Jika anda tidak mencontoh berkas lamaran kerja punya orang lain, anda pasti bingung memulai dari mana.

Berikut link download dan contoh surat lamaran kerja dengan benar :

Surat Lamaran Kerja format Word (Klik disini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *