Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Dengan Biayanya

Baca Cepat Buka

Universitas Negeri di Jakarta – Universitas Negeri adalah sebuah perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah. Mereka sering disebut sebagai “perguruan tinggi negeri” atau “universitas negara” dalam bahasa Inggris. Universitas Negeri biasanya didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah atau pemerintah nasional. Mereka biasanya menawarkan program studi yang dikelola dengan baik dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan universitas swasta.

Menjalani studi di Jakarta adalah impian bagi kebanyakan calon mahasiswa di Indonesia. Hal ini dikarenakan ada banyak pilihan jurusan dan universitas yang tersedia di Jakarta. Selain itu, kebanyakan orang percaya bahwa peluang karir akan lebih tinggi jika studi di universitas negeri di Jakarta. Tidak heran jika banyak orang menginginkan untuk studi di ibu kota. Memang ada banyak universitas negeri di Indonesia. Untuk Provinsi DKI Jakarta, terdapat 528 universitas yang dapat kamu pilih, termasuk universitas negeri, universitas swasta, politeknik, sekolah tinggi, dan lainnya.

Nah Berikut Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Dengan Biayanya

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas ini telah ada sejak era kolonial Belanda, yaitu tahun 1849. Dimulai dari sekolah kedokteran atau yang dikenal dengan sebutan STOVIA, Universitas Indonesia memiliki 2 kampus yang terletak di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, dan Depok, Jawa Barat. Namun, meskipun salah satu kampusnya berada di provinsi Jawa Barat, kampus UI Depok masih berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan, lho. Sehingga tergolong strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta.

Jurusan di UI Salemba

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi

Jurusan di UI Depok

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Psikologi
  4. Fakultas Ilmu Komputer
  5. Fakultas Ilmu Administrasi
  6. Fakultas Ilmu Keperawatan
  7. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  8. Fakultas Matematika dan IPA
  9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  10. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  11. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  12. Program Vokasi (D3 dan D4 Sarjana Terapan)

Biaya Kuliah Universitas Indonesia

Biaya kuliah UI terbagi menjadi BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan UP (Uang Pangkal). BOP adalah biaya kuliah yang dibayarkan setiap semester. Sedangkan UP dibayarkan satu kali di semester awal perkuliahan. UP hanya diwajibkan bagi mahasiswa S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional. Bagi mahasiswa jalur SNMPTN dan UTBK, dikenakan BOP Reguler mulai dari 0 hingga 7.500.000 rupiah per semester. Sedangkan mahasiswa Vokasi, Kelas Internasional, dan yang masuk melalui jalur SIMAK, akan memperoleh BOP mulai dari 10.000.000 hingga 50.000.000 rupiah per semester. Adapun Uang Pembangunan (UP) berkisar di angka 11.000.000 – 50.000.000.

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ adalah pelopor kampus pendidikan di Indonesia. Dahulu, kampus ini bernama IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan). Pada tahun 1999, IKIP berganti menjadi UNJ dan mulai membuka fakultas non pendidikan seiring berjalannya waktu. Universitas Negeri Jakarta memiliki 4 kampus yang terletak di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Jurusan di UNJ Kampus A Rawamangun, Jakarta Timur

  1. Fakultas Matematika dan IPA
  2. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
  3. Fakultas Ilmu Sosial
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ekonomi
  6. Fakultas Bahasa dan Seni

Jurusan di UNJ Kampus B Rawamangun, Jakarta Timur

  1. Fakultas Ilmu Keolahragaan

Jurusan di UNJ Kampus D Setiabudi, Jakarta Selatan

  1. Fakultas Psikologi

Jurusan di UNJ Kampus E Setiabudi, Jakarta Selatan

  1. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Biaya Kuliah Universitas Negeri Jakarta

UNJ menetapkan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) bagi mahasiswa jalur SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Penmaba. Jika mendaftar di jalur mandiri, kamu harus membayar uang pangkal atau SPU (Sumbangan Pengembangan Universitas) sebanyak satu kali. Besaran UKT di UNJ mulai dari 500.000 hingga 10.300.000 rupiah. Sedangkan SPU berkisar antara 7.500.000 sampai 20.000.000 rupiah.

3. UPN Veteran Jakarta

Universitas Pembangunan Negara Veteran Jakarta masih tergolong kampus negeri baru. Berawal dari akademi swasta dan akhirnya berdiri menjadi universitas negeri pada tahun 2014. Namun, kampus ini memiliki program studi yang cukup lengkap, lho. UPN Veteran Jakarta terletak di Jalan Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Jurusan di UPN Veteran Jakarta

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Komputer
  4. Fakultas Kedokteran
  5. Fakultas Ilmu Kesehatan
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  7. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  8. Program Vokasi (D3)

Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta

Mahasiswa baru UPNVJ yang lolos di SNMPTN, UTBK, dan seleksi mandiri D3 hanya dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sedangkan mahasiswa jalur mandiri S1 dikenakan UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besaran UKT berkisar di angka 500.000 – 22.300.000 rupiah setiap semester. Adapun besaran SPI yaitu 10.000.000 sampai 40.000.000 rupiah.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta

Ingin kuliah sambil memperdalam ilmu keagamaan? Kamu bisa mendaftar menjadi mahasiswa UIN. Berdiri sejak tahun 1957, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki jurusan yang fokus pada bidang keagamaan serta jurusan umum lainnya. Kampus ini terletak di Jalan Ir H. Juanda No.95 Ciputat, Tangerang Selatan. Tidak terlalu jauh dari kawasan Jakarta, ya.

Jurusan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

  1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, mempelajari pendidikan agama, sains, sosial, dan humaniora.
  2. Fakultas Adab dan Humaniora, mempelajari sejarah dan sastra.
  3. Fakultas Ushuluddin, mempelajari filsafat Islam, aqidah, Al Quran, hadist, dan tasawuf.
  4. Fakultas Syariah dan Hukum, mempelajari hukum-hukum dalam Islam.
  5. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  6. Fakultas Dirasat Islamiyah
  7. Fakultas Psikologi
  8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  9. Fakultas Sains dan Teknologi
  10. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  11. Fakultas Kedokteran

Biaya Kuliah Universitas Islam Negeri Jakarta

Mahasiswa UIN dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang wajib dibayar setiap semester. Besaran UKT berkisar di angka 400.000 hingga 45.000.000 rupiah, tergantung dari program studi yang dipilih.

5. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Jika kamu ingin mendapatkan gelar D3 dan Sarjana Terapan, Politeknik Negeri Jakarta adalah tempat yang tepat untuk belajar. Sebelumnya, PNJ merupakan bagian dari Universitas Indonesia Politeknik. Pada tahun 1998, kampus ini berganti nama menjadi Politeknik Negeri Jakarta. Namun, PNJ masih berada di area Universitas Indonesia, yaitu di Kukusan Depok.

Jurusan di Politeknik Negeri Jakarta

  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Mesin
  3. Teknik Elektro
  4. Akuntansi
  5. Administrasi Niaga
  6. Teknik Grafika Penerbitan
  7. Teknik Informatika dan Komputer

Biaya Kuliah di Politeknik Negeri Jakarta

Biaya kuliah di PNJ disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT). Besaran UKT bervariasi tergantung pada jurusan dan kemampuan finansial mahasiswa, mulai dari 3.650.000 hingga 12.200.000 rupiah per semester.”

6. Politeknik Negeri Media Kreatif

Politeknik Negeri Media Kreatif adalah perguruan tinggi negeri di Jakarta yang memfokuskan pembelajaran pada bidang kreatif, seperti desain, televisi dan film, hingga kuliner untuk jenjang D3 dan D4. Kampus ini terletak di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Jurusan di Politeknik Negeri Media Kreatif

  1. Teknik Grafika
  2. Teknik Kemasan
  3. Teknik Pemeliharaan Mesin
  4. Desain Grafis
  5. Penerbitan
  6. Periklanan
  7. Fotografi
  8. Penyiaran (Broadcasting)
  9. Animasi
  10. Desain Mode
  11. Pengelolaan Perhotelan
  12. Film dan TV
  13. Teknologi Permainan
  14. Teknologi Rekayasa Multimedia

Biaya Kuliah Politeknik Media Kreatif

Mahasiswa Politeknik Media Kreatif dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mulai dari 6.000.000 sampai 8.000.000 setiap semester tergantung pada jurusan yang diambil.

7. Politeknik Kesehatan Jakarta 1

Siapa yang bilang kuliah kesehatan mahal? Di Jakarta ada politeknik negeri yang menyediakan program studi D3 dan D4 di bidang kesehatan dengan biaya terjangkau. Menariknya lagi, Poltekkes 1 berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan langsung, lho. Kampus ini terletak di Jalan Wijaya Kusuma, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Jurusan yang tersedia di Poltekkes Jakarta 1 meliputi

  1. D3 Keperawatan
  2. D3 Kebidanan
  3. D3 Keperawatan Gigi
  4. D4 Ortotik Prostetik
  5. D4 Keperawatan
  6. Profesi Ners

Biaya Kuliah Poltekkes Jakarta 1

Biaya kuliah di Poltekkes Jakarta 1 dimulai dari 3.700.000 hingga 6.100.000 setiap semester tergantung pada jurusan yang dipilih.

8. Politeknik Kesehatan Jakarta 2

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Jakarta 2 terletak di Jalan Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan merupakan bagian dari Kementerian Kesehatan.

Jurusan yang tersedia di Poltekkes Jakarta 2

  1. D3 Farmasi,
  2. D3 Teknik Gigi
  3. D3 Analisa Farmasi dan Makanan
  4. D3 dan D4 Teknik Elektromedik
  5. D3 dan D4 Kesehatan Lingkungan
  6. D3 dan D4 Gizi
  7. D3 dan D4 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Biaya Kuliah Poltekkes Jakarta 2

Biaya kuliah di Poltekkes Jakarta 2 bervariasi tergantung pada jurusan yang dipilih, dengan harga mulai dari 5.800.000 hingga 6.800.000 per semester. Poltekkes Jakarta 2 juga menyediakan asrama dan guest house untuk mahasiswi, dengan biaya 500.000 per bulan untuk asrama dan 300.000 per bulan untuk guest house. Uang registrasi untuk masuk ke asrama atau guest house adalah 750.000.

9. Politeknik Kesehatan Jakarta 3

Politeknik Kesehatan Jakarta 3 terletak di Jalan Arteri Jorr, Jatiwarna, Kota Bekasi, tidak jauh dari Jakarta Timur. Poltekkes Jakarta 3 didirikan pada tahun 2001 dan menyediakan berbagai jurusan, terutama untuk program profesi.

Jurusan yang tersedia di Poltekkes Jakarta 3

  1. D3 Keperwatan
  2. D3 Kebidanan
  3. D3 Teknologi Laboratorium Medis
  4. D4 / Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
  5. D4 / Sarjana Terapan Promosi Kesehatan
  6. D4 / Sarjana Terapan Fisioterapi
  7. D4 / Sarjana Terapan dan Program Profesi NERS
  8. D4 / Sarjana Terapan dan Program Profesi Bidan
  9. Program Profesi Fisioterapis

Biaya Kuliah Poltekkes 3

Biaya kuliah di Poltekkes Jakarta 3 bervariasi tergantung pada jurusan yang dipilih, dengan harga mulai dari 5.800.000 untuk D3 Kebidanan, 7.100.000 untuk D3 Keperawatan, 7.350.000 sampai 8.400.000 per semester untuk D4 atau Sarjana Terapan, dan 8.600.000 sampai 11.600.000 per semester untuk program profesi.

10. Politeknik APP

Politeknik APP adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Kementerian Perindustrian RI dan terletak di Jalan Timbul, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Politeknik APP didirikan pada tahun 1960 dengan nama Akademi Pimpinan Perusahaan, dan berganti menjadi Politeknik APP pada tahun 2014.

Jurusan yang tersedia di Politeknik APP

  1. D1 Distribusi dan Pengiriman
  2. D3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
  3. D3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
  4. D3 Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT.

Biaya Kuliah Politeknik APP

Biaya kuliah di Politeknik APP bervariasi tergantung pada jurusan yang dipilih, dengan uang pendaftaran sebesar 150.000 rupiah untuk program D1, dan uang pendaftaran serta UKT sebesar 2.550.000 hingga 3.850.000 per semester untuk program D3.

11. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) adalah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik dan terletak di Jalan Otto Iskandardinata, Jatinegara, Jakarta Timur.

Jurusan yang tersedia di STIS

  1. D3 Statistika
  2. D4 Statistika
  3. D4 Komputasi Statistik.

Biaya Kuliah di STIS

Sebagai perguruan tinggi kedinasan, tidak ada biaya pendidikan yang harus dibayar oleh mahasiswa STIS sampai lulus. Namun, mahasiswa harus membayar biaya pendaftaran sebesar 300.000 rupiah saat mengikuti seleksi.

12. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri. Kampus utama IPDN terletak di Jatinangor, Jawa Barat, namun IPDN juga memiliki beberapa kampus regional di berbagai kota, salah satunya terletak di Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan.

Jurusan yang tersedia di IPDN

  1. D4 Politik Indonesia Terapan
  2. D4 Kebijakan Publik
  3. D4 Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat
  4. D4 Administrasi Pemerintahan Daerah
  5. D4 Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik
  6. D4 Keuangan Publik
  7. D4 Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan
  8. D4 Perpolisian Tata Pamong
  9. D4 Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  10. D4 Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

Biaya Kuliah di IPDN

Sebagai perguruan tinggi kedinasan, tidak ada biaya pendidikan yang harus dibayar oleh mahasiswa IPDN sampai lulus. Namun, calon mahasiswa harus membayar biaya sebesar 50.000 rupiah saat mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

 

Demikian ulasan mengenai Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Dengan Biayanya, semoga bisa kalian jadikan referensi dan bahan pertimbangan untuk bisa mengambil kuliah di jakarta. Semoga bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Dengan Biayanya yang dipublish pada 6 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment