Daftar Universitas Negeri di Surabaya Paling Favorit

Universitas Negeri di Surabaya – Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang terdiri dari beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi di berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Jika memenuhi syarat, universitas juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi dan spesialis. Universitas menyelenggarakan pendidikan di berbagai bidang ilmu tanpa batas, seperti ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu agama, dan lain-lain. Oleh karena itu, universitas merupakan jenis lembaga pendidikan tinggi dengan bidang ilmu terluas. Beberapa universitas di Indonesia antara lain Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Parahyangan, Universitas BSI, dan lain-lain.

Universitas Negeri di Surabaya

Namun pada pertemuan kali ini mimin akan membahas mengenai Daftar Universitas Negeri di Surabaya Paling Favorit, Universitas negeri adalah sebuah universitas yang dikelola oleh pemerintah dan tergolong dalam lembaga pendidikan tinggi negeri. Universitas negeri menyelenggarakan program studi di berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Program studi yang ditawarkan di universitas negeri biasanya terdiri dari program sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3).

Selain itu, universitas negeri juga dapat menyelenggarakan program vokasi, profesi, dan spesialis. Universitas negeri umumnya memiliki fakultas-fakultas yang menyelenggarakan program studi di bidang ilmu terkait. Contohnya, Fakultas Kedokteran menyelenggarakan program studi di bidang kedokteran, Fakultas Ekonomi menyelenggarakan program studi di bidang ekonomi, dan lain sebagainya. Universitas negeri biasanya mengikuti standar akademik yang ditetapkan oleh pemerintah dan memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Daftar Universitas Negeri di Surabaya Paling Favorit

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Ini adalah universitas negeri di Jawa Timur yang paling dicintai oleh orang-orang Jawa Timur, mulai dari Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Madiun, Tuban, dan lainnya. Jika berkuliah di Kedokteran atau jurusan kesehatan, pasti Universitas Airlangga (UNAIR) adalah tujuan utama. Jurusan yang paling populer di UNAIR adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Hukum, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

Anda masih memiliki kesempatan untuk masuk UNAIR dengan cara memilih jurusan yang kurang diminati. Di antaranya adalah Fisika dan Rekayasa Nanoteknologi. Anda juga bisa kuliah di jurusan Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Akuakultur, dan Akuntansi yang ada di kampus Banyuwangi.

Visi dan Misi Universitas Airlangga (UNAIR)

Visi:

Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni berdasarkan moral agama.

Misi:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan kelas dunia yang didasarkan pada nilai kebangsaan dan moral agama.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia yang didasarkan pada nilai kebangsaan dan moral agama untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyediakan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.
  4. Mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Fakultas dan Jurusan Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR)

2. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya atau yang sering disingkat Unesa adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Jalan Lidah Wetan, Surabaya. Universitas ini resmi didirikan pada 19 Desember 1964. Sebelumnya, Unesa merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya (IKIP Surabaya). Kemudian pada tahun 1999, melalui Keppres Ri Nomor 93 Tahun 1999, IKIP Surabaya resmi berganti nama menjadi Universitas Negeri Surabaya.

Jika Anda merasa Universitas Airlangga (UNAIR) terlalu sulit untuk masuk, Anda bisa mencoba untuk berkuliah di Unesa. Jurusan yang paling populer di Unesa adalah PGSD, Psikologi, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Ilmu Komunikasi. Jika Anda ingin mudah masuk ke Unesa, coba memilih jurusan yang kurang diminati, seperti Seni Rupa Murni, Seni Musik, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Bahasa Jerman, dan Pendidikan Teknik Bangunan.

Program Studi di Universitas Negeri Surabaya

  1. Fakultas ilmu pendidikan
  2. Fakultas bahasa & seni
  3. Fakultas matematika & ilmu pengetahuan alam
  4. Fakultas ilmu sosial & hukum
  5. Fakultas teknik
  6. Fakultas ilmu olahraga
  7. Fakultas ekonomi

Fasilitas Kampus Unesa

  1. Asrama mahasiswa
  2. Perpustakaan
  3. Fasilitas akademik
  4. Sarana kesehatan
  5. Tempat ibadah
  6. Free hotspot
  7. Sarana olahraga dan hiburan
  8. Fasilitas umum yang dekat
  9. Fasilitas akademik
  10. Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan kampus yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Kampus yang berdiri pada tanggal 10 November 1957 tersebut, awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) dengan ketuanya Dr. Angka Nitisastro. Awal berdirinya ITS ditujukan untuk mendidik pemimpin-pemimpin yang unggul di bidang teknologi dan sains untuk kemajuan peradaban Republik Indonesia.

ITS terletak di beberapa lokasi di Surabaya, di antaranya Kampus ITS Sukolilo yang memiliki luas areal 180 hektare dengan bangunan seluas kurang lebih 150.000 m2. Kemudian kampus manyar yang digunakan untuk program D-3 dan D-4 Teknik Sipil dengan bangunan seluas 5.176 m2, dan kampus Cokroaminoto yang diperuntukan program magister manajemen sekaligus beberapa lembaga kerjasama dengan bangunan seluas 4.000 m2.

Pada tahun 2017, Institut Teknologi Sepuluh Nopember menjadi 10 universitas unggulan di Indonesia menurut QS World University Ranking, sekaligus peringkat 5 terbaik di Indonesia berdasarkan Kemristekdikti. Hal tersebut berkaitan dengan komitmen ITS selain dalam aspek manajemen dan pendidikan, juga pada pengelolaan lingkungan dengan program Smart Eco-Campus.

Fakultas dan Jurusan Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

  1. Fakultas Sains dan Analitika Data (Scientics)
  2. Fakultas Teknologi Kelautan (Martech)
  3. Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (Electics)
  4. Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (Creabiz)
  5. Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (Indsys)
  6. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (Civplan)
  7. Fakultas Vokasi (Vocations)
  8. Program Magister
  9. Program Doktor
  10. Profesi Insinyur

Fasilitas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

  1. Asrama Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  2. Sepeda Kampus
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Training Center
  4. Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan
  5. UPT Bahasa dan Budaya
  6. Perpustakaan
  7. Graha Sepuluh Nopember
  8. Medical Center

4. Universitas Pembangunan Negeri (UPN) VETERAN

Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur, atau disingkat UPN ‘Veteran’ Jatim, adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Saat ini, UPN ‘Veteran’ Jatim dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT. UPN ‘Veteran’ Jawa Timur didirikan pada tanggal 5 Juli 1959 dan terletak di Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya. UPN ‘Veteran’ Jawa Timur dibentuk oleh para veteran pejuang kemerdekaan sebagai wujud nyata dari upaya untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi. Selama perkembangannya, UPN ‘Veteran’ Jawa Timur telah mengalami beberapa kali perubahan nama dan status.

Sejarah Berdirinya (UPN) VETERAN

Selama periode 1959 hingga 1965, nama institusi ini adalah Akademi Administrasi Perusahaan Veteran Cabang Surabaya.

  1. Pada tahun 1968, nama ini berubah menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Veteran Cabang Jawa Timur.
  2. Selama periode 1976 hingga 1994, terjadi peralihan status PTPN Veteran Cabang Jawa Timur menjadi Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah pembinaan Departemen Pertahanan Keamanan RI.
  3. Pada tahun 1977, nama ini berubah menjadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Cabang Jawa Timur.
  4. Pada tahun 1995, institusi ini berubah menjadi perguruan tinggi swasta dengan nama UPN Veteran Jawa Timur yang secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional di bawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI.
  5. Pada tahun 2007, UPN Veteran secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan yang secara fungsional di bawah pembinaan Kementrian Pertahanan RI.
  6. Berdasarkan perkembangan dan kemajuan yang telah diraih, UPN Veteran Jawa Timur diproyeksikan oleh Kementrian Pertahanan untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  7. Pada Senin, 6 Oktober 2014, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani prasasti yang menandai pengesahan UPN “Veteran” Jawa Timur menjadi PTN.

Fakultas dan Jurusan Di Universitas Pembangunan Negeri (UPN) VETERAN

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Pertanian
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Ilmu Komputer
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  6. Fakultas Arsitektur dan Desain
  7. Fakultas Hukum
  8. Program Pasca Sarjana

Alamat Dan Kontak UPN V Surabaya

5. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel

UIN Sunan Ampel memiliki visi menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif di tingkat internasional. Untuk mewujudkan visi tersebut, UIN Sunan Ampel memiliki beberapa misi, seperti menyelenggarakan pendidikan ilmu keislaman multidisipliner, sains, dan teknologi yang unggul dan berdaya saing, mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat religius yang didasarkan pada riset, serta mengembangkan ilmu keislaman multidisipliner, sains, dan teknologi yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

UIN Sunan Ampel didirikan berdasarkan gagasan para tokoh masyarakat muslim Jawa Timur untuk mendirikan perguruan tinggi agama Islam yang bernaung di bawah Departemen Agama. Kemudian, para tokoh tersebut menyelenggarakan pertemuan di Jombang dan mengesahkan beberapa keputusan penting, termasuk pembentukan panitia perintis IAIN, mendirikan Fakultas Syariah di Surabaya, dan mendirikan Fakultas Tarbiyah di Malang. Menteri Agama kemudian menerbitkan SK tentang pendirian IAIN Sunan Ampel yang berkedudukan di Surabaya.

Dari tahun 1966 hingga 1970, universitas ini memiliki 18 fakultas yang tersebar di 3 provinsi, yaitu Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Dalam pertumbuhannya, IAIS menjadi 12 fakultas yang tersebar di beberapa provinsi. Namun sekarang, UIN Sunan Ampel yang merupakan perubahan dari IAIN terkonsentrasi menjadi 5 fakultas induk yang berada di Surabaya.

Visi dan Misi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel

Visi UINSA

Adalah “Menjadi Universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional”.

Misi UINSA 

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman multidispliner serta sains dan teknologi yang unggul dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman multidisipliner serta sains dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat yang religius berbasis riset.
  4. Kampus UINSA yang memiliki website resmi di www.uinsby.ac.id memiliki peringkat ke-44 di tingkat nasional dan peringkat ke-3833 di tingkat internasional. Untuk nilai akreditasi, kampus ini memiliki 75% prodi yang terakreditasi A. Jadi jangan ragu untuk memilih UINSA sebagai tempat belajar setelah lulus dari SMA atau MA.

Fakultas dan Program Studi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel

  1. Fakultas Arab dan Humaniora
  2. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  3. Fakultas Syariah dan Hukum
  4. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  5. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  7. Fakultas Sains dan Teknologi
  8. Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam

 

Demikian ulasan secara lengkap mengenai Daftar Universitas Negeri di Surabaya Paling Favorit, semoga bisa kalian jadikan referensi dan bahan pertimbangan dalam memilih kampus negeri di surabaya ya. Semoga sukses

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Daftar Universitas Negeri di Surabaya Paling Favorit yang dipublish pada 30 December 2022 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment