Apa itu SNMPTN dan SBMPTN? Ini Dia Beberapa Perbedaannya

Apa itu SNMPTN dan SBMPTN – SNMPTN dan SBMPTN adalah dua jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang banyak diminati, tetapi masih banyak yang belum memahami perbedaan antara kedua jalur tersebut. Apa perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN? Meskipun sama-sama merupakan jalur masuk ke perguruan tinggi negeri, SNMPTN dan SBMPTN adalah dua jenis seleksi yang berbeda. Mari kita bahas perbedaan antara kedua seleksi masuk tersebut.

Apa itu SNMPTN

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dari jalur lainnya, SNMPTN merupakan jalur undangan dan tidak memerlukan tes atau ujian tambahan. Jalur SNMPTN adalah jalur nasional pertama yang dibuka untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, kemudian diikuti oleh SMBPTN dan jalur mandiri.

Kuota penerimaan di PTN terbesar dialokasikan untuk SNMPTN, yaitu 40%. Sementara itu, 30% dialokasikan untuk SMBPTN dan 30% lagi dialokasikan untuk jalur mandiri. Salah satu indeks penilaian SNMPTN adalah prestasi akademik, yang diukur berdasarkan nilai rapor siswa. Nilai yang diperhitungkan adalah nilai rapor selama 5 semester untuk siswa SMA/MA yang masa belajarnya 3 tahun, dan 7 semester untuk siswa SMK yang masa belajarnya 4 tahun.

Jalur SNMPTN disebut jalur undangan karena hanya siswa-siswa tertentu yang akan mendapatkan undangan untuk mengikutinya. Jika Anda tidak mendapatkan undangan, Anda tidak dapat mengikuti jalur seleksi SNMPTN. Namun, jangan khawatir, masih ada jalur lain yang dapat Anda ikuti, yaitu SMBPTN dan jalur mandiri.

Apa itu SBMPTN

Seperti yang sudah kamu ketahui, SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur SBMPTN adalah seleksi masuk PTN yang diselenggarakan secara nasional sejak tahun 2019. Apakah UTBK sama dengan SBMPTN? Jadi gini, untuk menjadi peserta jalur SBMPTN, kamu harus melewati Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi kriteria penilaiannya.

Apakah soal SBMPTN di setiap universitas sama? UTBK adalah syarat utama untuk mengikuti SBMPTN, jadi kamu hanya perlu mengikuti ujian UTBK sekali saja untuk mendapatkan kriteria penilaiannya. Ada juga beberapa PTN yang mensyaratkan portofolio SBMPTN sebagai kriteria penilaian tambahan untuk beberapa prodi tertentu, namun perbedaannya kemungkinan hanya terletak pada persyaratan portofolio tersebut.

Perlu kamu ketahui, saat ini LTMPT adalah satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan UTBK dan SBMPTN. Kamu bisa mencari informasi terbaru mengenai pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui portal LTMPT. LTMPT juga menetapkan keikutsertaan UTBK sebagai syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Jadi, kamu harus mengikuti UTBK terlebih dahulu, kemudian skor yang didapatkan akan digunakan dalam proses seleksi masuk SBMPTN.

Jadi, salah satu syarat untuk mengikuti SBMPTN adalah dengan mengikuti UTBK terlebih dahulu sebagai persyaratan.

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

1. Tentang Waktu Seleksi

Tentang apa itu SNMPTN dan SBMPTN dapat Anda pelajari dari waktu seleksi. Seleksi SNMPTN dibuka pada Januari hingga Februari. Waktu UTBK SBMPTN dibuka mulai Mei hingga Juni. Artinya, jika Anda kurang beruntung lulus SNMPTN, Anda bisa mengambil kesempatan untuk bekerja keras di SBMPTN. Namun, jika Anda sudah lulus SNMPTN, Anda tidak perlu lagi mengikuti UTBK SBMPTN.

2. Proses Seleksi

Setiap jalur juga memiliki proses seleksi yang berbeda. Untuk jalur SNMPTN, pasti akan mengukur pencapaian akademik sesuai dengan nilai rapor pada lima semester terakhir. Tidak hanya itu, tetapi juga mempertimbangkan skor Ujian Nasional, jejak alumni, tingkat akreditasi sekolah, dan prestasi akademik siswa. Meskipun ada banyak hal yang harus Anda persiapkan, Anda justru tidak perlu mengikuti ujian tertulis dengan memilih jalur SNMPTN.

Sedangkan, UTBK SBMPTN membuat Anda harus mengikuti ujian tertulis sebagai proses seleksi. Jadi, Anda tidak perlu melakukan persiapan seperti SNMPTN. Jalur masuk ini membuat Anda harus mengikuti TKA (Tes Kemampuan Akademik) dan TPS (Tes Potensi Skolastik), dua ujian dalam satu hari. Jika Anda memilih jurusan seni atau olahraga di SNMPTN atau SBMPTN, Anda masih harus menyertakan portofolio. Persyaratan ini harus dipenuhi sesuai dengan jurusan yang Anda pilih.

3. Biaya Pendaftaran

Selanjutnya, perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN juga dapat Anda lihat dari berapa biaya yang harus Anda keluarkan. Jika mengikuti SNMPTN, maka biayanya gratis. Jadi, Anda tidak perlu membayar biaya apapun.

Sedangkan jika mengambil jalur UTBK SBMPTN, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 200.000 untuk ujian Soshum dan Saintek, sedangkan Rp 300.000 untuk ujian kelompok Campuran. Pembayaran juga harus dilakukan ke bank sesuai ketentuan sebelum hari pelaksanaan ujian untuk memperoleh kartu peserta ujian. Sementara untuk biaya setelah masuk kuliah, biaya kuliah SNMPTN akan ditentukan sesuai dengan tingkatan masing-masing mahasiswa.

4. Peluang

Setiap jalur juga memiliki peluang yang berbeda, sesuai dengan PTN yang bersangkutan. SNMPTN menetapkan kuota pada setiap PTN minimal 20% dari jumlah mahasiswa baru yang tersedia. Jika mengikuti jalur SNMPTN, maka ada berbagai persyaratan sesuai dengan akreditasi sekolah. Sekolah yang terakreditasi A, diizinkan hingga 40% siswa terbaiknya mengikuti SNMPTN. Sedangkan sekolah yang terakreditasi B diizinkan hingga 25% siswa terbaiknya mengikuti SNMPTN.

Sedangkan akreditasi C hanya diizinkan sebesar 5% peserta terbaiknya yang mengikuti SNMPTN. Di SBMPTN, setiap PTN harus menyediakan sekitar 40% dari seluruh kuota mahasiswa baru yang tersedia. Seleksi dilakukan sesuai dengan hasil UTBK serta kriteria lain sesuai ketentuan PTN.

5. Peserta Jalur Masuk

Seluruh siswa kelas 12 SMA sederajat boleh mengikuti SNMPTN dan SBMPTN. Namun, jalur SNMPTN hanya bagi siswa kelas 12 yang lulus sesuai tahun penyelenggaraan SNMPTN. Jadi, SNMPTN 2022 hanya boleh untuk siswa yang lulus tahun 2022 saja. Sedangkan jalur UTBK SBMPTN hanya untuk siswa kelas 12 atau alumni yang sudah lulus maksimal tiga tahun setelah kelulusan. Jadi, Anda harus bersaing dengan para alumni saat mengikuti ujian.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu apa itu SNMPTN dan SBMPTN. Intinya, jangan sia-siakan kedua jalur ini sebagai gerbang masuk ke perguruan tinggi negeri. Kedua jalur ini juga membutuhkan persiapan yang matang, tanpa harus panik atau takut dengan seleksi masuk PTN lagi. Nah itulah ulasan secara lengkap mengenai Apa itu SNMPTN dan SBMPTN? Ini Dia Beberapa Perbedaannya, semoga mudah kalian pahami dan Semoga sukses yaa.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa itu SNMPTN dan SBMPTN? Ini Dia Beberapa Perbedaannya yang dipublish pada 29 December 2022 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment