Bacaan shalat idul adha

Bacaan shalat idul adha, Kalian Harus Tahu

Wartakota123.com – Setelah sebulan penuh melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian ditutup dengan idul Fitri, kita akan menyambut hari raya yang kedua. Yakni Idul Adha. Di mana, pada permulaan bulan Dzulhijjah ini terdapat banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan. Dan sebagai wujud rasa syukur karena telah bertemu dengan hari bahagia tersebut, ada baiknya jika Anda melaksanakan shalat Idul Adha. Di mana, ada bacaan shalat idul adha yang meski Anda pahami.

Bacaan shalat Idul Adha

Apakah Anda pernah mendengar istilah ‘Idain atau dua hari raya? Nah, istilah ini merupakan istilah untuk menyebut pelaksanaan atau peringatan dua hari raya. Yakni Hari Raya Idul Fitri dengan Idul Adha. Idul Adha menjadi hari raya yang tidak kalah agungnya dengan Idul Fitri. Karena itulah Rasulullah meminta seluruh umatnya keluar untuk menghadirinya. Pelaksanaan shalat Idul Adha ini dilaksanakan di lapangan yang luas. Namun, di masa pandemic ini akan disesuaikan dengan kondisi setempat ya. Jika memang ada uzur dan juga kesulitan dalam pelaksanaannya di lapangan, maka pelaksanaan shalat idul adha ini bisa saja kita lakukan dari rumah saja, dan insyaAllah sah. Sebab ada dalilnya.

Untuk bacaan shalat idul adha nya sendiri terbilang hampir sama dengan bacaan shalat pada umumnya. Hanya saja, dalam shalat idul adha ini ada khutbahnya. Untuk mempermudah Anda, berikut penjelasannya.

Niat

Bacaan shalat idul adha yang pertama adalah niat. Persoalan pelafadzan niat memang tidak akan ada ujungnya. Sehingga, ketika  Anda akan memilih pendapat yang membolehkan pelafadzan niat, maka Anda bisa membaca niat shalat idul adha. Yakni Ushalli sunnata li ‘idi al-adha rak’ataini lillahi ta’ala. Yang artinya, aku melaksanakan shalat Idul Adha dua rakaat karena Allah.

Baca Juga :  Berikut adalah Pengertian dan Penjelasan Puasa sebelum Idul Adha

Error! Filename not specified.

Takbiratul ihram

Kedua adalah takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan. Sama seperti takbiratul ihram dalam shalat pada umumnya.

Membaca doa iftitah

Kemudian, bacalah doa iftitah. Dalam hal ini, Anda bisa membaca versi manapun. Bisa membaca versi yang panjang, pendek, atau yang sedang.

Takbir

Lalu, bertakbirlah dengan mengikuti imam. Atau, jika Anda menjadi imam, maka bertakbirlah. Bacaan shalat idul adha ketika takbir adalah dengan membaca tasbih Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illalloh wallohu akbar (Maha suci Allah, segala Puji Bagi Nya, tidak ada Illah yang berhak disembah kecuali Allah. Allah maha besar). Bacaan ini bisa Anda bacakan hingga takbir terakhir. Atau takbir yang ke tujuh.

Membaca al-Fatihah dan Surah lain

Kemudian bacalah al-Fatihah dan surah pilihan. Dan laksanakanlah gerakan dan bacaan shalat seperti biasa. Jika rakaat pertama sudah selesai, Anda bisa bangun kembali untuk melaksanakan rakaat yang kedua.

Maka, jika kita perhatikan,  secara umum bacaannya memang nyaris sama dengan bacaan shalat lain, Yang membedakannya hanya pada adanya khutbah dan jumlah takbir. Selebihnya sama saja. Ada takbiratul ihram. Rukuk, I’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, sujud, duduk sejenak lalu berdiri kembali, dan lain sebagainya hingga sampai kepada salam.

Demikianlah bacaan yang terdapat dalam shalat idul adha yang bisa Anda pelajari mulai dari sekarang. Semoga, dengan mempelajarinya, kita akan lebih mudah dan khusyuk dalam beribadah shalat idul adha. Dan mengetahui eksistensi ibadah yang sebenarnya. Semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah kepada kita. Sehingga bisa menerima penjelasan agama dengan mudah. Wallahua’lam. Sekian. Selamat idul Adha 1442 H. semoga bermanfaat.