cara shalat idul adha

Cara Shalat Idul Adha, yang perlu Kalian tahu

Wartakota123.com – Proses pelaksanaannya shalat idul adha yang hanya setahun sekali, membuat banyak yang lupa bagaimana cara shalat idul adha. Simak penjelasannya.

Tidak lama lagi, kita akan menyambut bulan Dzulhijjah. Di mana dalam bulan tersebut terdapat hari raya kedua umat muslim yang kita kenal dengan nama Idul Adha. Ketika hari H Idul Adha, seluruh umat muslim akan melaksanakan shalat Idul Adha yang dianjurkan untuk dilaksanakan di tempat terbuka. Hal ini karena seluruh umat Islam tidak ingin ketinggalan momen berharga tersebut yang hanya terjadi sekali dalam setahun. Karena proses pelaksanaannya hanya setahun sekali, kadang, tidak sedikit yang lupa bagaimana cara shalat idul adha. Maka, pada kesempatan ini, kami akan membagikan cara melaksanakan shalat idul adha yang bisa Anda pahami dan hafalkan.

Cara shalat Idul Adha

Apabila kondisi memungkinkan, maka pelaksanaannya pasti akan dilaksanakan di lapangan luas. Namun tampaknya, tahun ini masih sama dengan tahun lalu. Yang mana, proses pelaksanaannya akan menyesuaikan pada kondisi daerah tertentu. Jika memang memungkinkan untuk pelasanaannya ke lapangan terbuka karena zona hijau, tentu tidak masalah. Atau memang terpaksa ditiadakan, sehingga harus shalat berjamaah di rumah masing-masing. Karena dengan kondisi yang seperti ini, tentu berlaku hukum yang berbeda. Tidak mengapa melaksanakan shalat idul adha berjamaah bersama keluarga hanya dari rumah. Jika Anda perhatikan, cara shalat idul adha nyaris sama dengan tata cara pelaksanaan shalat idul fitri. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada niatnya saja. Keduanya Pun sama-sama bisa kita laksanakan pagi hari, setelah matahari terbit dan memperlihatkan keindahannya. Berikut adalah cara shalat idul adha.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Idul Adha yang Luar biasa

Error! Filename not specified.

Niat

Rasulullah pernah bersabda, bahwa segala sesuatu itu tergantung dengan niatnya. Jika karena Allah, maka ia akan mendapatkan kebaikan. Nah, ketika akan melaksanakan shalat sunnah, Anda mesti bisa menjaga niat. Pastikan bahwa Anda melaksanakan shalat hanya karena Allah, bukan yang lain. Karena ingin memperlihatkan baju baru misal. Na’udzubillah. Anda bisa berniat dengan membaca ushallī sunnatal li’īdil adhḥȃ rak’ataini lillȃhi ta’ȃlȃ. Yang artinya, aku berniat menunaikan shalat sunnah Idul adha karena Allah.

Takbiratul ihram

Cara yang kedua adalah dengan takbiratul ihram, atau mengangkat kedua tangan seraya berkata ‘Allȃhu akbar’.

Membaca doa iftitah

Lalu bacalah doa iftitah. Anda dapat membaca salah satu doa iftitah yang memang Anda hafal dengan baik. Boleh versi yang pendek, sedang, atau malah yang panjang. Tentu, jika Anda sedang memiliki keluasan waktu, akan lebih baik jika membaca yang versi panjangnya.

Takbir 7 kali

Lalu bertakbirlah sebanyak tujuh kali. Dan setiap takbirnya esakanlah Allah dengan memuji Nya seraya berkata, ‘Subḥȃnallȃh wa al-hamdulillȃh wa lȃ ilȃhaillallȃh wa llaȃhu akbar’.  Yang berarti maha suci Engkau ya Allah, tidak ada yang berhak menjadi sesembahan kecuali Engkau. Allah Maha Besar.’

Membaca al fatihah dan surah lain

Begitu selesai bertakbir, Anda bisa membaca  al fatihah kemudian diikuti dengan membaca surah yang ada dalam al-Quran.

Kemudian, Anda bisa melaksanakan shalat yang selanjutnya dengan rukuk, kemudian I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kembali, bangun dari sujud dan duduk sejenak kemudian berdiri untuk melaksanakan rakaat yang kedua. Dan Anda bisa mengulanginya. Karena memang yang namanya cara melaksanakan shalat satu ini sama seperti pada shalat lainya. Hanya saja, begitu selesai salam, Anda bisa mendengarkan khutbah yang akan dibacakan oleh khatib.

Baca Juga :  Bacaan shalat idul adha, Kalian Harus Tahu

Demikianlah tata cara yang bisa Anda pahami, hafalkan, dan bisa Anda praktekkan nanti. Semoga bermanfaat.