bacaan niat puasa idul adha

Bacaan Niat Puasa Idul Adha, Puasa Arafah

Wartakota123.com – Perkara niat memang tidak akan menemukan titik ujungnya. Ada ulama yang berpendapat boleh melafadzkan niat, dan ada pula yang tidak membolehkannya. Maka, sebagai orang awam, alangkah baiknya jika kita ikut saja, atau sami’na wa atho’na dengan pendapat para ulama kita. Jika Anda ingin atau cenderung pada pendapat yang tidak melafadzkan niat, maka silahkan. Begitupun sebaliknya. Karena ada hal yang paling penting daripada itu semua, yakni perasaan kita. Jangan sampai, ketika mengikuti sebuah pendapat, kita lantas merasa paling benar. Nah, segala perbuatan atau amal yang kita laksanakan harus ada niatnya, dan niat tersebut semata-mata karena Allah. Hal ini sama dengan ibadah puasa idul adha. Nah, bagaimana bacaan niat puasa idul adha?

Tentu, saat ini banyak yang bertanya-tanya hal tersebut, sebab tidak lama lagi, kita akan memasuki bulan Dzulhijjah, atau yang kita kenal juga dengan sebutan bulan hajinya. Karena pada bulan tersebut, para saudara kita dari berbagai penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah haji. Ya semoga saja suatu hari nanti kita juga akan mendapat panggilan Allah, menjadi tamu Nya di Baitullah. Pada permulaan awal bulan Dzulhijjah, kita disunnahkan untuk menyambutnya dengan berpuasa. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas bacaan niat puasa idul adha.

Bacaan niat puasa idul adha

Pada tahun 2021 ini, Idul adha 1442 H jatuh pada tanggal 20 Juli 201, yang artinya hanya menunggu beberapa minggu lagi. Sehingga, puasa sunnah yang bisa kita laksanakan akan jatuh pada 9 Dzulhijjah, yang bertepatan dengan 19 Juli 2021. Puasa ini sangat dianjurkan untuk kita laksanakan. Dan ketika melaksanakannya, niatkanlah benar-benar karena Allah.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Idul Adha yang Luar biasa

Dan saat berpuasa tanggal 9 Dzulhijjah, para saudara kita tengah wukuf di Padang Arafah. Dalam pelaksanaan puasa arafah, tidak berbeda jauh dengan puasa-puasa pada umumnya, Karena Anda meski melawan hawa nafsu dari matahari terbit sampai terbenam. Terbenamnya matahari ini bisa kita lihat dengan masuknya waktu maghrib.

Dan untuk mempermudahnya, Anda bisa memperhatikan saja adzan maghrib. Yang begitu adzan berkumandang, maka hal tersebut menandakan bahwa waktu berbuka sudah tiba. Adapun niatnya adalah ‘Nawaitu shawma ghadin an adȃi sunnati arafah lillȃhi ta’ȃlȃ.

Yang artinya, aku berniat melaksanakan puasa sunnah arafah besok hari, hanya karena Allah.Anda bisa melafadzkan niat ini ketika malam ataupun pagi hari. Anda bebas menggunakan bahasa apapun. Bisa menggunakan bahasa Arab, Indonesia, Inggris, atau bahkan bahasa daerah. Karena tidak akan mengurangi substansi dari niat Anda.

keutamaan Puasa Arafah

Error! Filename not specified.

Adapun keutamaan-keutamaan ketika Anda melaksanakan puasa arafah ini lumayan banyak. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Muslim.or.id, bahwasanya terdapat hadis yang ada dalam Kitab Shihhain atau kitab Bukhari Muslim, bahwa puasa Arafah bisa menjadi penyebab terhapusnya dosa setahun sebelum, dan sesudah puasa arafahnya. Selain itu, dengan berpuasa Arafah, itu artinya Anda juga mengamalkan sunnah Rasulullah. Di mana, beliau pernah bersabda mengenai keutamaan 10 hari pada bulan Dzulhijjah.

Maka, dengan berbagai keutamaan tersebut, tidak salahnya jika kita juga ikut memeriahkan penyambutan hari idul adha dengan berpuasa arafah. Dan jangan lupa, niatkan puasa Anda hanya karena Allah dan ingin mendapatkan Rahmat Nya dan keridhaan Nya. Karena apa artinya hidup kita jika tanpa ridha Nya. Ia kan? Demikianlah bacaan niat puasa idul adha yang bisa Anda hafalkan dan lafadzkan. Wallahu A’lam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Shalat Idul Adha, yang perlu Kalian tahu