contoh khutbah idul adha

Contoh Khutbah Idul Adha yang Sederhana

Wartakota123.com – Tidak lama lagi idul adha akan menghampiri. Bahkan hanya tinggal menghitung hari saja. Maka, sudah sepatutnya kita menyiapkan diri menghadapi bulan yang mulia tersebut. Bagi yang memiliki keluasan rezeki, hendaknya memenuhi perintah Allah, yakni berkurban. Sementara yang belum Allah berikan keluasan rezekinya bisa terus berusaha agar suatu hari nanti bisa berkurban sebagaimana yang lainnya. Ketika hari idul adha tiba, kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat idul adha. Di mana, dalam pelaksanaannya terdapat khutbah. Nah, bagi seorang laki-laki, ada baiknya jika Anda menyiapkan khutbah idul adha. Siapa tahu tiba-tiba H-3 lebaran Anda diminta untuk mengisi khutbah. Ia kan? Tapi tenang saja, tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan membagikan contoh khutbah idul adha untuk Anda.

Contoh khutbah idul adha

Bagi Anda yang belum pernah berkhutbah, tentu mendapatkan kesempatan untuk berkhutbah adalah suatu hal yang sangat luar biasa. Karena akan menjadi pengalaman yang sangat berarti. Siapa tahu, tanpa Anda duga, Anda mempunyai kelebihan. Berikut adalah contoh khutbah idul adha yang bisa Anda coba pelajari.

bagian pembuka

Allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar. Allahuakbar kabira, wa al-hamdulillahi katsira, wasubhanallahibukratau waashila.  La ilahallah wahdah shadaqa wa’dah wa nashara ‘abdahu. Hadirin sidang shalat idul adha yang dirahmati oleh Allah.

Marilah sama-sama kita bersyukur akan segala rahmat Nya dengan memuji kebesaran Nya. Berkat kasih sayang Nya, kita masih bisa bertemu lagi dengan idul adha pada tahun ini meski masih dalam suasana pandemic. Shalawat dan salam kepada baginda Muhammad saw, sang suri tauladan seluruh manusia. Semoga kita mendapatkan syafaat beliau.

Baca Juga :  Hari Tasyrik Idul Adha dan Amalan di dalamnya

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Wa lillahil Hamd. Para hadirin yang semoga senantiasa dilindungi dan diberkahi Allah. Hari ini, pada pagi yang cerah ini, para saudara kita yang telah Allah panggil sedang melaksanakan ibadah yang sangat mulia.

Isi

Mereka memenuhi panggilan Allah dengan berhaji, menjadi tamu Allah tahun ini. Seluruh umat Muslim dari berbagai Negara berkumpul dalam kerinduan mendalam terhadap Rabb Nya di tanah suci. Menggunakan pakaian ihramnya yang putih. Segala budaya, suku, ras, Negara berkumpul dalam sebuah perkumpulan yang mendapatkan naungan Nya.

Perbedaan tidak menjadikan mereka merasa asing, justru sebaliknya. Sebab perbedaan tersebut dapat membuat mereka semakin mengagumi ciptaan Nya. Bagi hamba Nya yang belum juga mendapat panggilan, belum mendapatkan kesempatan dan kemampuan, semoga suatu hari nanti Allah akan berangkatkan, dan menjadi tamunya Allah. Ibadah idul adha ini merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan kita kepada Allah dengan harapan mendapatkan keberkahan dari Nya.

Yang mana, terdapat kisah luar biasa yang melatarbelakangi ibadah idul adha ini. Sepasang ayah dan anaknya telah lolos dari ujian yang mereka dapatkan dari Allah, mereka saling mencintai karena Nya dan rela berkorban demi Nya.

Keimanan yang menancap dalam hati mereka adalah petunjuk dan perilaku seorang muslim sejati. Maka, pada masa yang sulit ini, sudah saatnya kita berbenah dan memanfaatkan momen bahagia nan berharga ini untuk kembali merenung. Sudahkah kita menjadi setabah ayah dan anak tersebut? Lantas, apakah jika kita berada pada posisi mereka kita akan memilih Allah dan keimanan atau malah sebaliknya?

Maka dari itu, mari sama-sama kita perbaiki keimanan kita. Jadi, mari menyiapkan sebenar-benarnya iman. Allahuakbar allahuakbar, allahuakbar walilllahilaham.

Baca Juga :  Bacaan Niat Puasa Idul Adha, Puasa Arafah

Demikianlah contoh khutbah idul adha yang sangat simple. Anda bisa mengembangkan contoh khutbah idul adha tersebut menjadi lebih kompleks. Semoga bermanfaat.