cara mengatasi perut kembung

Jangan Salah! Cara Mengatasi Perut Kembung Tepat Pada Anak

Jangan Salah! Cara Mengatasi Perut Kembung Tepat Pada Anak

Beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak dapat diterapkan sebagai langkah penanganan awal. Gejala ini memang merupakan satu dari banyaknya keluhan mengenai masalah kesehatan dimana bisa saja dialami oleh siapa saja. Mulai anak-anak hingga orang dewasa juga. Anak yang mengalami hal ini akan rewel.

Bahkan sering juga tidak mau konsumsi makanan. Gangguan kesehatan ini terjadi saat gas di saluran pencernaan menumpuk. Hal ini juga membuat si kecil jadi tidak merasa nyaman melakukan apapun, apalagi makan. Mereka juga kesulitan beristirahat juga. Memang masalah ini merupakan satu dimana kerap dialami.

Walaupun cukup sering terjadi serta bisa sembuh dengan sendirinya, anda patut waspada. Pasalnya keadaan ini memang tidak boleh begitu saja diabaikan sebab dapat memberikan tanda jika ada penyakit berbahaya. Banyak hal yang membuat anak mengalami masalah ini. Satu diantaranya ialah karena mengunyah makanan terlalu cepat.

Alasan lainnya juga dikarenakan si kecil alami penyakit khusus seperti sembelit atau maag. Jika konsumsi makanan dengan kandungan gas yang tertimbun pada saluran pencernaan dapat menimbulkan kembung. Seperti brokoli, kubis, bawang, atau kacang-kacangan. Jika si kecil suka makan sambil bermain juga sering mengalami masalah ini.

Atasi Kembung Pada Perut dengan Menggunakan Metode ini

Pada umumnya memang cara mengatasi perut kembung pada anak harus diperhatikan. Masalah ini kerap dialami karena hal yang tidak membahayakan. Anda bisa mengobatinya sendiri menggunakan pengobatan simple. Seperti pertama jangan berikan si kecil makanan atau minuman dimana dapat menyebabkan gas di saluran pencernaan.

Baca Juga :  Jangan Abaikan! Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Pastikan anak anda tidak mengunyah dengan cepat makanannya. Biasakan agar dapat mengunyah makan dengan pelan dan jangan terburu-buru. sebab apabila mereka makan terlalu cepat bisa membuat kembung. Sebelum menelannya pastikan makanan sudah lumat dulu. Selain itu anda dapat mengajarkan si anak untuk minum air putih.

Walaupun jika minum air putih tersebut tidak membantu langsung dalam mengatasi masalah tersebut. Namun dapat kurangi terjadinya kembung si kecil. Saat anak anda mengalami masalah perut ini, memang ia akan mudah rewel dan tidak nyaman ketika melakukan kegiatan seperti biasanya. Segera atasi dengan cara terbaik.

Agar rasa tidak nyaman si kecil dapat berkurang, orang tua bisa menggunakan kompres dari air hangat. Hal ini bukan hanya memberikan efek nyaman anak, namun juga mengurangi kembungnya, sehingga tidak lagi rewel. Selain penanganan tersebut, orang tua dapat memanfaatkan makanan dimana bisa mengusir masalah ini.

Beberapa Contoh Makanan Pengusir Kembung pada Anak

Selain penanganan yang dapat dilakukan sendiri dirumah tersebut, anda juga bisa memberikan si kecil makanan. Dimana pastinya makanan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengusir gejala tidak menyenangkan tersebut. Misalnya saja diberi selederi. Sayur dengan warna hijau ini memang dianggap ampuh kendalikan gas dalam perut.

Anda juga bisa memberikan yogurt yang kaya akan probiotik. Yogurt juga dapat merangsang tumbuhnya bakteri baik pada perut sehingga membuat kembung jadi lega. Jika anak suka buah, maka berikan pisang atau pepaya. Keduanya sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan manusia, sekalipun sedang bermasalah.

Sudah sejak lama tanaman herbal seperti kunyit ini dipakai dalam mengobati banyak masalah tubuh. Misalnya saja mengatasi masalah saluran pencernaan ini. Kunyit dapat menyingkirkan gas pada tubuh. Ada juga jahe yang juga bisa menghilangkan gas pada pencernaan serta menjadikan tubuh hangat sehingga lebih nyaman.

Baca Juga :  Pemberian Vitamin Menjadi Satu Cara untuk Anak Susah Makan

Masih banyak makanan dimana dapat dikonsumsi guna usir kembung misalnya lemon atau melon juga. Namun jika tidak kunjung membaik, segera lakukan konsultasi dengan dokter mengenai penanganan lebih lanjutnya. Memang cara mengatasi perut kembung sendiri menggunakan makanan juga bisa dipilih agar lebih aman.