cara mengatasi hidung tersumbat

Jangan Abaikan! Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Jangan Abaikan! Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Beragam cara mengatasi hidung tersumbat pada anak ini banyak dicari tahu oleh orang tua. Hal ini dikarenakan saat balita mengalami masalah tersebut, maka akan mudah rewel. Bahkan bayi juga akan kesulitan saat ingin menyusu. Sebab ketika terjadi, maka si kecil akan bernafas melalui mulut.

Mulut di kecil juga jadi kerap terbuka serta membuat anak tidak nyaman. Namun dalam beberapa kasus, masalah pada anak ini akan lebih mudah hilang selang waktu beberapa minggu saja. Akan tetapi jika hidungnya mengalami penyumbatan, maka mereka tidak bisa mengeluarkan sendiri lendirnya.

Sehingga sebagai orang tua, anda wajib membantunya untuk mengeluarkannya agar pernafasan si kecil tidak terganggu. Masalah ini sering terjadi karena banyak hal. Misalnya saja sedang flu, alergi, sinusitis, sampai infeksi pada hidung. Gejala ini juga kerap dialami oleh hampir semua orang, baik bayi hingga dewasa.

Mengabaikan faktor usia, siapa saja pasti setuju apabila hidung yang mengalami penyumbatan ketika melakukan kegiatannya jadi tidak nyaman. Bahkan sering kali orang akan bernafas menggunakan mulutnya. Tentu saja satu-satunya cara agar mengatasi masalah ini ialah dengan mengeluarkannya. Lantas bagaimana pada bayi?

Adapun Beberapa Penyebab serta Bahayanya Pada Anak

Meskipun tampak tidak penting, namun gejala ini bisa mengganggu kenyamanan anda ketika beraktivitas. Untuk itu, gunakan cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat pada si kecil. Masalah tersebut sering kali jadi tanda awal gangguan kesehatan lainnya dimana lebih serius. Sehingga jika mengalami hal ini, anda harus waspada.

Baca Juga :  Pemberian Vitamin Menjadi Satu Cara untuk Anak Susah Makan

Gejala penyumbatan hidung pada bayi ditandai dengan beberapa masalah seperti demam, sesak nafas, kejang, bahkan juga sering muntah. Selain itu masalah ini ditandai dengan kulit yang pucat, kuku serta bibir membiru. Jika hal tersebut terjadi, maka sebagai orang tua patut waspada dan segera periksakan.

Umumnya anak-anak mengalami masalah penyumbatan hidung ini terjadi karena mengalami batuk dan pilek. Gangguan kesehatan ini memang sering jadi penyebab si kecil mengalami penyumbatan. Namun jika pilek, maka akan sembuh dalam beberapa hari. Selain itu ada juga gajala lain yang kerap dialami anak yakni flu.

Karena batuk pilek, sering kali terjadi sinusitis akut dimana gajalanya juga dapat sembuh selama 10 hari. Namun apaabila bayi mengalami hal ini, maka hidung akan membengkak serta meradang. Hal tersebut membuat penyempitan di hidung. Temukan cara mengatasi hidung tersumbat si kecil dengan tepat.

Atasi Masalah Tersebut dengan Beberapa Cara di Bawah Ini

Supaya anak tetap nyaman meskipun mengalami masalah ini, maka diberikan obat untuk tetes hidung. Untuk mendapatkannya bisa langsung beli di apotek yang dikhususkan bagi bayi. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan melarutkan garam kedalam air hangat. Selain itu bisa memakai uap air hangat.

Uap air dapat dipakai untuk mengencerkan lendir di hidung. Ini dapat membuat si kecil jadi lebih lega karena lendirnya mencair. Selain itu juga bisa menggunakan humidifer yang dapat membuat udara lembab. Akan tetapi jika memakai alat ini, anda harus rutin membersihkannya agar aman dipakai.

Menepuk punggung bayi dengan perlahan membuat dahak di dada keluar. Si kecil jadi batuk dan mengeluarkan lendirnya. Menjemur anak anda ketika pagi juga dapat dipakai untuk membantu penyumbatan hidung. Karena pilek, maka hidung akan mengalami iritasi. Anda bisa menggunakan petroleum jelly di bagian luar.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin, Dijamin Ampuh

Mengatur hidung bayi yang tersumbat juga dapat dilakukan dengan mengatur posisi tidurnya si kecil. Berilah bantal yang tinggi agar membuat anak mudah bernafas. Namun pastikan untuk tetap mengawasi anak anda. Segera hubungi dokter apabila menggunakan cara mengatasi hidung tersumbat pada anak tidak bekerja.