pengertian e-bisnis

Pengertian E-Bisnis dan Perbedaannya dengan E-Commerce

Mungkin beberapa pelaku usaha belum tahu betul tentang pengertian e-bisnis. Di era serba digital, kini hampir semua bidang telah terkoneksi dengan jaringan internet, termasuk bidang bisnis. Bagi pelaku usaha, kini Anda dapat memperluas jaringan pangsa pasang melalui internet.

Salah satu bentuk perluasan pangsa pasar melalui jaringan internet adalah e-bisnis. E-bisnis atau bisnis berbasis jaringan elektronik yang terkonfigurasi dengan internet. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan repot-repot untuk melakukan rekap penjualan.

Sebab, ada beberapa teknologi yang mampu melakukan tugas manusia dalam mengelola bisnis. Sehingga, penghitungannya pun lebih akurat dan efisien. Memang, banyak orang yang mengaitkan antara e-bisnis dengan e-commerce.

Padahal, dari segi pengelolaan bisnis tentu sangat berbeda. Jadi, e-bisnis ini tidak dapat dikaitkan dengan e-commerce yang sedang populer di Indonesia. Meskipun kedua bidang bisnis ini sama-sama menggunakan jaringan internet.

Pengertian E-Bisnis yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis

Memang, memulai bisnis berbasis digital ini tidak mudah. Pasalnya, Anda harus “membangun” pangsa pasar sebelum merintis usaha. Untuk memudahkan proses pengelolaan, maka Anda disarankan untuk mengadopsi sistem e-bisnis.

Pasalnya, Anda dapat membangun sendiri bidang usaha berbasis internet tanpa bekerja sama dengan pihak ketiga. Jadi, pengertian e-bisnis ini sangat berbeda dari segi konsep dan tata pengelolaan dengan e-commerce.

Memang, bidang bisnis e-commerce atau marketplace ini sangat menguntungkan di Indonesia. Pasalnya, para konsumen tentu lebih percaya dengan aplikasi e-commerce. Sehingga, model bisnis e-commerce ini lebih dipilih oleh para bisnisman.

Keuntungan Menggunakan Model E-Bisnis jika Dibandingkan dengan E-Commerce

Meskipun model e-bisnis tidak terlalu diminati, namun ada beberapa keuntungan dengan menggunakan e-bisnis jika dibandingkan dengan e-commerce. Maka dari itu, ini dia beberapa keuntungan dengan menggunakan model e-bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Lebih Menguntungkan

Keuntungan pertama, model e-bisnis ini dirasa lebih menghasilkan laba jika dibandingkan dengan model bisnis e-commerce. Pasalnya, Anda tidak akan terkena potongan biaya jika mengelola bisnis dengan model e-bisnis.

 

Sedangkan, berbisnis melalui e-commerce tentu akan mendapat potongan biaya layanan. Sehingga, hasil keuntungan akan dipotong beberapa persen untuk biaya layanan dan langganan.

 

  1. Lebih Fleksibel

Keuntungan kedua, model e-bisnis ini memang lebih fleksibel. Pasalnya, Anda dapat melakukan kegiatan tentang pemasaran produk secara otomatis. Jadi, Anda wajib mempersiapkan situs untuk kegiatan penjualan produk secara daring.

 

Sebab, pengertian e-bisnis ini adalah model pengelolaan bisnis secara otomatis. Jadi, Anda dapat melakukan semua kegiatan penjualan, termasuk pemasaran dengan bantuan teknologi jaringan internet.

Ini Dia Jenis-Jenis E-Bisnis yang Wajib Dipelajari

Sebelum menerapkan model e-bisnis, Anda wajib tahu apa saja jenis-jenisnya. Sebagai pelaku usaha, Anda wajib tahu jenis-jenis e-bisnis. Jenis pertama yang kerap diterapkan oleh pelaku usaha adalah tipe business to business atau B2B.

Tipe business to business ini menyediakan suatu produk atau jasa yang digunakan untuk pelaku usaha lainnya. Selanjutnya, tipe e-bisnis yang juga diminati oleh pelaku usaha adalah business to consumer atau B2C.

Jenis ini cukup lumrah dijalankan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Pasalnya, semua pelaku bisnis atau usaha ini menyediakan produk atau jasa untuk para konsumen. Dengan menggunakan model e-bisnis, maka semua usaha yang dikelola menjadi lancar.

Anda tidak perlu merekrut banyak karyawan untuk mengelola bisnis yang sedang dirintis. Sebab, semua data-data tentang usaha yang dirintis ini telah tersimpan dalam database sistem situs website dari e-bisnis.

Sebagai pelaku usaha, Anda wajib tahu bagaimana cara mengelola bisnis agar dapat segera berkembang pesat. Ada dua metode bisnis yang memanfaatkan jaringan internet, Salah satunya yakni e-bisnis.

Untuk itu, ketahui apa itu pengertian e-bisnis dan keuntungan dengan mengelola usaha dengan sistem yang telah terkoneksi jaringan internet.