Update CPNS 2021

Update CPNS 2021, batas akhir penyampaian soal CPNS SKB ke Panselnas paling lambat 1 Juni 2021

WARTAKOTA123.COM – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana meminta masing-masing instansi pembinaan jabatan fungsional untuk mempersiapkan penyusunan soal seleksi kompetensi bidang (SKB).

Hal tersebut sebagai persiapan untuk seleksi calon ASN pada 2021, termasuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai negeri dengan pengaturan kerja (PPPK).

Bima meminta Bapepam-LK segera memutakhirkan soal SKB dan memastikan penyusunan soal, baik di tingkat jabatan maupun antardaerah, sesuai dengan tingkat kesulitan yang ditetapkan.

“Dalam rangka pemutakhiran soal SKB, Kepala BKN juga menyampaikan bahwa teks soal CPNS-SKB dan soal pemilihan kompetensi teknis PPPK non guru sudah diserahkan ke Panselnas paling lambat 1 Juni 2021. , masuk dalam masalah BKN-CAT menjadi bank terintegrasi, ”kata Bima dalam keterangan tertulis yang diterima. Tribunnews, Minggu (14 Maret 2021).

Sementara itu, penyusunan soal kompetensi teknis guru PPPK dipimpin oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengingat seleksi PPPK 1 juta guru difasilitasi oleh UNBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Atas arahan Kepala BKN selaku general manager Panselnas, sejumlah kementerian / lembaga yang bertindak sebagai pusat kendali jabatan fungsional, dengan melibatkan Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN, mulai menyusun soal SKB. untuk CPNS dan PPPK dari non-guru).

Beberapa di antaranya adalah penyusunan SKB untuk jabatan fungsional lembaga Humas yang awalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika dimulai 10 Maret 2021.

Kemudian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang melibatkan PPSS dalam penyusunan pertanyaan SKB untuk jabatan fungsional Pengawas Obat dan Makanan, online pada Jumat (3 Desember 2021).

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pernah melakukan kegiatan serupa.

Pada acara yang dipandu oleh BPOM tersebut, Kepala PPSS, Mohammad Ridwan, BPOM menyampaikan bahwa BPOM selaku perusahaan pembangun Fungsional Departemen Farmasi dan Pengawas Pangan dengan senang hati mempersiapkan soal-soal SKB untuk seleksi CPNS dan PPPK.

Baca Juga :  Bimbel CPNS Menjamur Jelang Pendaftaran, Berapa Biayanya?

“Pastikan soal SKB disiapkan sesuai dengan tingkat keahlian yang dibutuhkan,” jelasnya.

Pemantauan yang dilakukan oleh PPSS BKN dalam rangka persiapan penyusunan soal SKB Jabatan Fungsional meliputi aturan penyusunan soal yang meliputi aspek materi, konstruksi soal dan aspek bahasa, ”kata Ridwan.