Ketahui Ciri-Ciri Seni Patung dan Teknik Pembuatannya

Ciri-Ciri Seni Patung – Arti seni patung adalah keahlian untuk menciptakan benda berupa patung, yaitu tiruan bentuk orang atau hewan yang dibuat dengan dipahat dari bahan seperti batu atau kayu.

  1. Menurut Soenarso dan Soeroto, seni patung adalah karya dalam bentuk meruang, yaitu menciptakan interaksi seseorang dengan ruang atau orang lain dalam suatu lingkup sosial.
  2. Menurut BS Myersseni, patung adalah karya seni tiga dimensi yang dapat diamati dari semua sisinya dan tidak terikat pada latar belakang atau bidang tertentu dalam suatu bangunan.

Seni patung merupakan salah satu jenis seni yang sudah ada sejak dulu kala. Sejak zaman prasejarah, manusia sudah memahat patung-patung dari batu, tanah liat, dan bahan lainnya. Di masa klasik, patung-patung yang dibuat oleh seniman-seniman Yunani dan Romawi menjadi salah satu contoh patung-patung yang terkenal sampai saat ini. Di masa modern, seni patung terus berkembang dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Seniman-seniman patung modern seringkali menggunakan bahan-bahan yang berbeda dari bahan-bahan yang digunakan oleh seniman-seniman di masa lalu, seperti besi, marmer, dan bahan-bahan lainnya.

Ciri-Ciri Seni Patung

Berikut ini adalah ciri-ciri seni patung yang dapat membantu kita dalam mengenali bahwa suatu karya merupakan salah satu jenis seni patung:

1. Memiliki bentuk yang dapat dilihat dan dipegang

Patung merupakan karya seni yang memiliki bentuk fisik, sehingga dapat dilihat dan dipegang oleh pengamat.

2. Memiliki 3 dimensi

Patung memiliki panjang, lebar, dan tinggi, sehingga memiliki volume atau ketiga dimensi.

3. Ukuran yang hampir sama dengan bentuk yang dibuat

Pembuatan patung biasanya mengikuti ukuran yang hampir sama dengan bentuk yang akan dibuat, sehingga hasilnya akan terlihat lebih natural dan realistis.

4. Memiliki tekstur

Patung memiliki tekstur yang khas, yaitu permukaan yang tidak rata dan terdapat garis-garis atau tanda-tanda yang menandakan adanya proses pemahatan atau pembuatan patung.

5. Dapat dilihat dari semua sisi

Patung dapat dilihat dari semua sisi, sehingga terlihat indah dan menarik dari berbagai sudut pandang.

Teknik yang Digunakan untuk Membuat Patung

Dalam proses pembuatan patung, terdapat beberapa teknik yang digunakan. Teknik tersebut dipilih sesuai dengan jenis patung yang akan dibuat atau bahan yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa teknik yang sering digunakan dalam pembuatan patung:

1. Teknik butsir

Adalah suatu teknik pembuatan patung yang menggunakan bahan yang lunak dengan cara mengurangi atau menambahkan bahan secara substraktif atau aditif.

2. Teknik pahat atau

Memahat merupakan proses pembuatan patung yang menggunakan bahan dengan bentuk keras. Teknik ini menggunakan metode substraktif dengan membuat bagian-bagian yang tidak diperlukan agar dapat membentuk objek sesuai keinginan.

3. Teknik rakit atau merakit

Adalah teknik pembuatan patung dengan cara merangkai semua bahan yang digunakan dan menghubungkan semua bagian sehingga terbentuk suatu objek yaitu patung.

4. Teknik cetak atau cor

Adalah teknik pembuatan patung dengan cara mengalirkan cairan bahan patung pada cetakan yang telah dibuat, kemudian menunggu hingga kering, sehingga terbentuk karya patung sesuai objek pada cetakan.

5. Teknik modelling

Adalah metode pembuatan patung yang dilakukan dengan membuat model dari objek yang akan dibuat terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Seni Patung

Jenis-jenis seni patung dapat dikategorikan berdasarkan bahan pembuatannya, seperti patung kayu, patung batu, patung tanah liat, dan patung logam. Patung kayu terbuat dari kayu, patung batu terbuat dari batu, patung tanah liat terbuat dari tanah liat dengan cara dibentuk menggunakan tangan, dan patung logam terbuat dari logam seperti perak, perunggu, emas, dan masih banyak lagi bahan lainnya.

Proses Pembuatan Seni Patung

Dalam proses pembuatan karya seni patung, pematung harus memperhatikan beberapa hal, seperti bahan yang akan digunakan, teknik yang akan dipakai, dan proses pembuatan yang tepat. Bahan yang sering digunakan dalam pembuatan karya seni patung adalah kayu, batu, besi, marmer, dan lain-lain. Teknik yang sering dipakai dalam pembuatan karya seni patung adalah teknik mengukir, teknik mengecor, teknik membuat cetakan, dan teknik lainnya. Proses pembuatan karya seni patung biasanya dimulai dengan menggambar sketsa atau rancangan patung yang akan dibuat, kemudian membuat cetakan atau bentuk patung dari bahan yang telah dipilih, lalu mengukir atau mengecor patung tersebut sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Setelah itu, patung tersebut diolah dengan teknik yang sesuai untuk menghasilkan patung yang indah dan bernilai estetis.

 

Demikian ulasan mengenai Ciri-Ciri Seni Patung dan Teknik Pembuatannya, semog bisa menjadi bahan referensi buat kalian dan mudah dipahami. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ketahui Ciri-Ciri Seni Patung dan Teknik Pembuatannya yang dipublish pada 27 December 2022 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment