cara mengatasi diare

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare yang Cukup Efektif

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare yang Cukup Efektif

Mencari cara mengatasi diare sangat dibutuhkan agar kondisi yang dialami tidak semakin parah dan membuat Anda kehabisan cairan. Sebenarnya seseorang mengalami diare atau dikenal juga dengan sebutan mencret sangatlah wajar. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak sampai balita juga pasti pernah mengalami sakit perut satu ini.

Pada saat diare perut akan terasa sangat mulas, panas dan BAB yang keluar biasanya sangat encer serta berbau busuk. Banyak cara terbaik dapat Anda lakukan untuk mengatasinya dari penanganan sendiri dari rumah. Jika sudah terlalu parah sampai badan terasa lemas harus segera pergi ke dokter.

Meskipun penyakit satu ini bisa dibilang berbahaya ataupun tidak sesuai dengan tingkat keparahan yang dialami penderita. Namun tidak ada salahnya mengetahui apa saja penyebabnya agar Anda dapat menghindarinya. Begitupun informasi tentang cara mengatasi diare sebaiknya diketahui jika sewaktu-waktu mengalami tidak menjadi panik sendiri.

Simak Penyebab Kenapa Seseorang Bisa Mengalami Diare Parah

Belum banyak orang mengetahui kalau penyebab utama diare yaitu adanya infeksi virus yang menyerang usus besar. Ada banyak jenis virusnya dimana virus menyerang anak-anak biasanya jenisnya berbeda dengan orang dewasa. Namun efek yang diberikan sama buruknya sehingga menyerang pencernaan dan membuat seseorang menjadi mencret.

Selain virus penyebab lainnya bisa dari alergi pada makanan atau minuman tertentu dan infeksi parasit. Makanan dengan kandungan pemanis buatan juga rawan membuat seseorang sakit perut parah serta efek obat. Sehingga cara mengatasi diare biasanya disesuaikan dengan penyebabnya agar dapat ditangani dengan tepat.

Baca Juga :  Ketahui Cara Mengatasi Stres, Kapan Harus ke Psikolog?

Cara Menyembuhkan Diare Sangat Efektif untuk Dilakukan Segera

Terkadang ada orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan merasa baik-baik saja sehingga tidak perlu diobati. Sebaiknya Anda ketahui bagaimana kondisi diri sendiri sehingga tahu apa seharusnya segera dilakukan. Jika memang merasa perlu untuk melakukan tindakan untuk mengatasi diarenya maka gunakan cara berikut ini.

  1. Pastikan cairan tubuh tetap terpenuhi

Cara mengatasi diare pertama yaitu Anda harus memastikan kalau cairan tubuh tetap terpenuhi dengan banyak minum. Bisa juga dengan minum cairan oralit atau membuat sendiri campuran air, gula dengan garam. Sedangkan pada anak balita pastikan pemberian ASI terus menerus agar cairan pada tubuhnya tetap aman.

  1. Mengkonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan melawan bakteri jahat dalam perut. Contoh probiotik yang disarankan untuk dikonsumsi seperti yogurt, keju, coklat dan tempe. Pastikan Anda tetap mengkonsumsi sesuai kebutuhan tubuh dan jangan berlebihan agar efek baiknya dapat dirasakan maksimal.

  1. Segera minum obat diare

Jika dirasa perut sudah tidak bisa dikondisikan maka segera saja minum obat diare yang bisa dibeli di apotek. Agar lebih aman segera saja pergi ke dokter untuk mendapatkan obat yang jelas dan tepat. Jangan sampai Anda terlambat minum obat sehingga badan menjadi lemas.

  1. Konsumsi makanan tertentu

Gangguan pencernaan dapat disembuhkan jika Anda mengkonsumsi makanan tertentu yang memperbanyak serat. Seperti makan pisang, roti, soup ayam hangat dan berbagai makanan lainnya yang menambah energi. Jika perut masih tidak nyaman jangan makan gorengan, makan pedas, makan terlalu banyak, buah yang terlalu asam dan pantangan lainnya.

Tanda sedang adanya gangguan pada pencernaan seperti kram di bagian perut, terasa kembung dan feses menjadi cair atau lembek. Jika Anda mengalami gejala yang parah maka disarankan untuk segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. Cara mengatasi diare bisa dimulai dari cara sederhana maupun segera minum obat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Darah Rendah dengan Memahami Gejalanya