Tips Cermat Beli HP

Berikut 4 Tips Cermat Beli HP Baru dengan Uang THR

Jakarta – Tips Cermat Beli HP. THR alias Tunjangan Hari Raya sudah ditunggu banyak orang, apalagi hari Idul Fitri semakin dekat. Uang THR bisa dialokasikan untuk banyak hal termasuk membeli HP baru.
Jika kamu berniat membeli smartphone baru, ada sejumlah pertimbangan yang patut kamu perhatikan sebelumnya.

1. Sesuaikan dengan budget

Harga HP sangat beragam, ada yang sejutaan rupiah sampai Rp 20 juta, nah tentukan dulu budget yang kamu punya. Tentunya tidak bisa semua uang THR dipakai untuk beli barang keinginan bukan karena banyaknya kebutuhan.

Entry level biasanya berkisar di bawah Rp 2 juta. Sekarang sudah banyak yang bisa dipakai untuk kebutuhan simpel sehingga jika kamu tidak butuh yang memiliki performa lain, seharusnya ini sudah cukup. Jika belum, pakai mid range yang berkisar Rp 2-7 jutaan. Performanya tentu lebih baik dari entry level.

Butuh yang advance? Pakai ponsel high end, pengguna bisa merasakan manfaat performa maksimal.

2. Ukuran layar

Dulu HP masih memiliki layar yang mungil, kira-kira antara 3-4 inch. Sekarang sih sudah banyak yang lebar, bahkan mencapai 7 inch pun ada.

Semua tergantung dari kenyamanan dan selera pengguna. Ada yang suka dengan layar yang besar, ada yang kecil. Ada plus minusnya juga, kalau terlalu kecil melihat layar pun tidak nyaman tapi kalau terlalu besar bisa-bisa tangan jadi pegal.

3. Perhatikan spek yang dibutuhkan

Calon pembeli ponsel bisa memperhatikan hardware dari HP baru yang ingin dibeli. Hardware mempengaruhi performa ponsel dan biasanya terkait dengan 3 hal, CPU atau prosesor, kapasitas RAM dan storage internal. Semakin tinggi RAM (Random Access Memory), semakin banyak aplikasi bisa dijalankan bersamaan dengan mulus.

Baca Juga  Berikut Adalah Rekomendasi HP Murah untuk Dibeli Pakai Uang THR

Kalau CPU,itu adalah otak dari ponsel. Contoh CPU adalah Snapdragon, MediaTek, Exynos atau Kirin. Biasanya, semakin tinggi serinya maka makin gahar performa HP tersebut.

Kalau cuma untuk berkirim pesan di WhatsApp, buka email dan pemakaian seadanya, ponsel entry level dengan RAM kecil seharusnya sudah cukup. Tapi masalahnya, kalau RAM kecil biasanya membuka banyak browser bakal lambat dan harus konstan membersihkan ruang.

4. Update software

Untuk menambal celah keamanan, update software dibutuhkan. Karenanya, penting juga untuk memilih ponsel yang rutin memperbaharui perangkat lunak mereka. Biasanya, semakin tinggi harga HP, makin besar kemungkinan HP selalu mendapatkan update software.

Itulah beberapa tips cermat untuk membeli HP baru. Semoga kamu bisa membelanjakan uang THR dengan cerdas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *