Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Banyaknya aplikasi di perangkat seluler memang memudahkan dan memberikan hiburan. Namun terkadang, sistem operasi mobile juga bisa mendapatkan masalah. Salah satunya adalah aplikasi yang terhenti tiba- tiba. Oleh sebab itu, sebagian metode menanggulangi aplikasi terhambat harus dikenal oleh para konsumen Android. Alhasil tidak takut dikala memperoleh peringatan seketika bila aplikasi terhenti.

Penyebab Masalah Aplikasi Terhenti di Android

Sebelum membahas bagaimana metode menanggulangi aplikasi terhenti, maka mulai dulu memahami faktornya. Beberapa aplikasi di Android terkadang terhenti tiba- tiba saat digunakan.“ Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau“ Unfortunately app has stopped”, begitu catatan yang diperoleh dikala aplikasi terhenti. Kemudian apa sesungguhnya faktornya? Berikut dua penyebab yang sangat sering terjadi.

1. Memori RAM Penuh

Aplikasi di Android bergantung penuh pada memori RAM yang digunakan. Memori RAM akan pengaruhi berjalannya aplikasi. Jika memori terbatas, namun aplikasi terlalu banyak berjalan di background, maka akan membuatnya jadi penuh. Hal itu yang menyebabkan ketika aplikasi yang sedang berjalan, kehabisan memori. Sehingga akan terjadi permasalahan saat dibuka, bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

2. File Cache Aplikasi Menumpuk

Setiap aplikasi dalam sistem Android, selalu menyimpan file cache buat mempercepat dalam menggunakannya di waktu lain. Namun, jika tidak dibersihkan secara teratur, file cache ini akan menumpuk. Sehingga akan menimbulkan performa smartphone menurun. Salah satunya saat menjalankan aplikasi. Aplikasi akan lebih lama merespon atau bahkan bisa terhenti tiba- tiba saat digunakan.

Cara atasi Aplikasi Terhenti di Android

Beberapa penyebab terhentinya aplikasi secara tiba- tiba tersebut pasti akan sangat mengusik. Oleh karena itu, 3 cara atasi aplikasi terhenti ini wajib dipelajari untuk mengatasinya. Tidak hanya untuk mengatasi aplikasi terhenti saja, namun juga dapat meningkatkan performa dari smartphone.

1. Cek Kartu SD

Hampir semua jenis smartphone Android bisa memakai kartu microSD tambahan. Fungsinya tentu saja sebagai memori tambahan buat menaruh bermacam file masuk, termasuk aplikasi yang dipasang. Namun terkadang, kartu microSD yang digunakan dapat terjadi masalah. Hal itu yang menyebabkab aplikasi Android menjadi terhenti saat dipakai. Cara menanggulangi aplikasi terhambat ini, dapat dicoba dengan mematikan smartphone, kemudian lepas kartu microSD yang digunakan dari slot. Setelah itu, diamkan sejenak, kemudian dapat dipasang balik dengan benar, dan coba untuk menyalakan kembali smartphonenya.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data error pada aplikasi tersebut juga dapat menjadi penyebab aplikasi terhenti. Jika demikian, maka dapat diatur dengan manajemen aplikasi. Caranya dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android. Klik pada menu Pengaturan, kemudian Manajemen Aplikasi, selanjutnya pilih Aplikasi dan Hapus Cache dan Hapus Data.

Selain cara manual itu, juga dapat menggunakan aplikasi di Andorid. Aplikasi pembersih di Andorid seperti CCleanser, dapat membantu membersihkan secara sekaligus seluruh aplikasi.

3. Uninstall Aplikasi Kemudian Reinstall

Jika kedua metode di atas belum bisa mengatasi permasalahan, bisa jadi saja faktornya dari aplikasi itu sendiri. Beberapa data aplikasi mungkin ada yang rusak, sehingga tidak berjalan semestinya. Maka cara mengatasi aplikasi terhenti selanjutnya adalah dengan melakukan uninstall dan install ulang aplikasi.

Metode ini mungkin akan memakan kuota karena harus meng- install ulang aplikasi. Tetapi bisa jadi metode yang sangat jitu untuk mengatasi aplikasi terhenti. Caranya dengan klik di menu Pengaturan, kemudian pilih Manajemen Aplikasi, pilih Aplikasi, dan Uninstall. Berikutnya, dapat diinstall kembali dengan membuka Google Play Store, dan pilih Aplikasi yang tadi di hapus, setelah itu klik Install.

Sebagai catatan: Masing- masing hape memiliki metode berbeda untuk menjalankan 3 cara di atas.

Terima Kasih dan Mudah- mudahan bermanfaat.